Quote Hari Ini

"Jatuh cinta itu hanya sekali, selebihnya terpeleset"

Baik Buruk adalah Pilihan - Androecia Darwis

Baik Buruk adalah Pilihan Oleh Androecia Darwis * #KAWACA.COM - Kilas balik sejarah mendokumentasikan bahwa periode kekalahan dan p...

Baik Buruk adalah Pilihan
Oleh Androecia Darwis*


#KAWACA.COM - Kilas balik sejarah mendokumentasikan bahwa periode kekalahan dan periode kemenangan senantiasa bergilir setiap zaman, tetapi sisi baik dan buruk selalu saja ada dalam setiap periode sepanjang masa.  Kita tahu sekarang ini rezim di Myanmar begitu tega membakar,  membunuh,  menyiksa,  memperkosa, dan mempertontonkan berbagai kedzaliman lainnya kepada kelompok sipil, bahkan kepada anak-anak.

Hidup adalah pilihan,  kebijakan penguasa juga adalah pilihan. Banyak hal-hal logis yang bisa melandasi ketika sebuah putusan harus diambil. Namun kita harus ingat bahwa logika manusia punya keterbatasan. Seorang wanita berpengaruh, tokoh kemanusiaan, dan katanya pejuang HAM di Myanmar justru melakukan palanggaran HAM. Nobel sebagai sebuah lembaga pemberi award dan melambungkan namanya, bungkam sampai saat ini.

Sudah saatnya kita harus memahami bahwa di atas logika ada hati,  ada rasa terdalam atau yang sering disebut kalbu. Hati yang baik,  akan menimbulkan rasa yang baik dan pada gilirannya akan memberikan pilihan terbaik. Aa Gym sering berkata: "jagalah hati, jangan kau kotori".

Untuk setiap informasi yang mengguncang nurani dari Myanmar, kita masih yakin di negeri horor tersebut masih ada sekelompok manusia yang berkalbu baik. Oleh karena itu, mari kita doakan kekejaman segera berlalu dan orang-orang baik yang mengerti indahnya perdamaian semakin bertambah.

Jika baik dan buruk senantiasa ada dalam setiap zaman sebagai pilihan, kenapa penguasa Myanmar tidak memilih untuk menjadi gerbong utama pengusung syiar kemuliaan dalam hidup? Kenapa harus memilih sisi buruk? Bukankah hanya Iblis yang sanggup tertawa di antara jerit dan tangisan?

Bandung, 2 September 2017


*Pria berdarah Minang ini merupakan alumni FE Universitas Andalas (1985). Menjadi penulis sejak mahasiswa. Kini setelah pensiun dari Bank Indonesia, menetap di Bogor dan berniat untuk lebih fokus menulis.










Baca Juga:
Name

Agenda,26,Anekdot,59,Buku,54,Cerpen,13,Esai,94,Jeda,11,Pilihan,82,Puisi,75,Sayembara,34,Warta,144,
ltr
item
KAWACA.com: Baik Buruk adalah Pilihan - Androecia Darwis
Baik Buruk adalah Pilihan - Androecia Darwis
https://3.bp.blogspot.com/-RVSEXI82yr8/WeZxPvxeqTI/AAAAAAAAAQk/0FfDtu8Y5IgWzOYz3tr-m3pNP8PXotiRACLcBGAs/s200/pp.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RVSEXI82yr8/WeZxPvxeqTI/AAAAAAAAAQk/0FfDtu8Y5IgWzOYz3tr-m3pNP8PXotiRACLcBGAs/s72-c/pp.jpg
KAWACA.com
https://www.kawaca.com/2017/10/baik-buruk-adalah-pilihan-androecia.html
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/2017/10/baik-buruk-adalah-pilihan-androecia.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy