News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Indonesia dengan Pondok Pesantren Terbanyak di Dunia

Indonesia dengan Pondok Pesantren Terbanyak di Dunia


#KAWACA.COM - Indonesia dikenal sebagai "negeri sejuta pesantren" karena banyak pondok pesantren yang ada di Indonesia, mulai dari kota sampai pelosok desa. Mulai dari yang  kecil sampai yang besar. Mulai dari yang salaf sampai yang modern. Tidak diragukan lagi kalau Indonesia merupakan negara dengan pondok pesantren terbanyak di dunia. Tentu istilah "pondok pesantren" hanya ada di Indonesia, namun sistem dan bentuk pendidikannya juga ada negara lain, seperti Yaman, Iran, Maroko, Madinah, Mesir, dan lainnya.

Keberadaan pondok pesantren di Indonesia telah memberikan kontribusi yang besar. Ada banyak orang penting dan hebat di Indonesia merupakan seorang santri. Baik dari kalangan pejabat, politisi, budayawan, sampai pengusaha. Kita bisa menyebut Gus Dur -misalnya- sebagai santri pertama yang menjadi presiden Indonesia.

Berapakah sebenarnya jumlah pondok pesantren yang ada di Indonesia? Kementrian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Direktori Pondok Pesantren sempat merilis jumlah pondok pesantren, santri, dan pengasuhnya di Indonesia dari 2006-2009.  Meskipun data tersebut belum diperbarui, namun data tersebut menunjukkan begitu banyaknya jumlah pondok pesantren di Indonesia. Kita bisa langsung mengunduh lampiran data pondok pesantren tiap wilayah melalui situs resmi Pendis Kemenag tersebut. (ik)

Baca Juga:
Hikmah Jumat #2
Bermimpi Lepas dari Hantu Gadget - A Dardiri Zubairi
Revolusi Kenabian oleh Sofyan RH. Zaid

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.