Ahai! Inilah 9 Film Tentang Biografi Kepenyairan

#KAWACA.COM – Bagi penggemar film dan penikmat puisi, menemukan keduanya dalam satu kemasan adalah suatu bentuk kemewahan. Ibarat be...

#KAWACA.COM Bagi penggemar film dan penikmat puisi, menemukan keduanya dalam satu kemasan adalah suatu bentuk kemewahan. Ibarat berwisata di pulau impian, bisa memanjakan segenap indera, akal, dan rasa. Dari tidak sengaja yang berlanjut dengan usaha untuk mencari, satu persatu sejumlah film yang mengangkat kisah para penyair hebat ditemukan. Di dalamnya banyak puisi bertebaran dan begitu memukau. Apa saja film tersebut? Berikut daftar yang wajib Anda tonton bersama orang-orang terdekat:

1. Tom & Viv (1994) 
Mengisahkan T.S. (Tom) Eliot yang kawin lari dengan Vivienne Haigh-Wood pada tahun 1915. Sayangnya masalah ginekologis dan emosional Vivienne yang berlarut-larut akhirnya mengganggu bulan madu mereka. Ibu mertua Eliot jujur mengatakan bahwa Vivienne menghancurkan Tom sebagai seorang laki-laki, namun Vivienne membuat Tom menjadi penyair!

2. Total Eclipse (1995) 
Skandal cinta antara Arthur Rimbaud yang berusia 16 tahun dan Paul Verlaine, penyair simbolis terkenal dari Prancis yang jauh lebih tua dan telah berkeluarga. Keduanya pun akhirnya berpisah dan Rimbaud yang diperankan oleh Leonardo di Caprio berhenti menulis puisi di usia yang ke-21.

3. Wilde (1997) 
Tentang penyair dan novelis Irlandia berkepribadian flamboyan, Oscar Wilde. Di sepanjang film keren inisalah satu dari kisah terkenal yang ditulisnya adalah The Selfish Giant, tersaji. Pertama oleh Wilde yang bercerita kepada anak-anaknya, lalu narator yang menyelesaikan ceritanya di akhir film.

4. Before Night Falls (2000) 
Kisah kehidupan penyair Kuba, penulis naskah drama, dan penulis prosa, Reinaldo Arenas. Sebagian besar isi film mengacu dari autobiografinya dengan judul yang sama. Javier Bardem memerankan Arenas dengan sangat memesona sekaligus memilukan sehingga dia layak diganjar nominasi Academy Award untuk perannya.

5. Sylvia (2003) 
Hubungan menggelora antara Sylvia Plath (Gwyneth Paltrow) dan Ted Hughes (Daniel Craig) berakhir dengan bubarnya pernikahan mereka dan Plath bunuh diri. Selain bertaburan kutipan dari puisi-puisi Plath, film ini juga memuat adegan Plath dan Hughes bergantian melafalkan karya Shakespeare dan Chaucerto.

6. Bright Star (2009) 
Tentang hubungan antara penyair romantis abad ke-18, John Keats dan Fanny Brawne. Fim ini didukung oleh visualisasi yang aduhai, meski secara keseluruhan atmosfir muram seperti hendak mewakili perasaan si penyair. Pembacaan utuh dari odenya yang terkenal, “Ode to a Nightingale” di akhir film dijamin membuat penonton sulit untuk move on.

7. Leopardi/ Il Giovane favoloso (2014) 
Bercerita tentang kehidupan singkat penyair dan filsuf besar Italia abad 19, Giacomo Leopardi. Menderita karena ekspektasi tinggi akan penghargaan intelektual dan pengakuan publik, juga beberapa kisah cinta yang tak berbalas. Fisiknya yang lemah berujung dengan meninggal di usia muda. Di film inilah kita akan tercengang dengan fakta-fakta rahasia di balik kehidupan sang tokoh.

8. Neruda (2016) 
Kisah inspektur yang memburu penyair Cili pemenang Hadiah Nobel, Pablo Neruda. Neruda menjadi buron di negara asalnya pada akhir 1940-an karena bergabung dengan partai komunis. Film ini masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di Golden Globe 2017 sekaligus mewakili Cili di Academy Award 2017. Film ini luar biasa dan menegangkan.


9. Istirahatlah Kata-Kata (2016) 
Berkisah mengenai Wiji Thukul, penyair dan aktivis HAM pada hari-hari pelariannya sekitar tahun 1996. Sepenggal tulisan Wiji Thukul yang dibacakan dalam film ini saat ia berada di Pontianak: 

istirahatlah kata-kata
janganlah menyembur-nyembur
orang-orang bisu. tidurlah kata-kata
kita bangkit nanti
menghimpun tuntutan-tuntutan
yang miskin papa dan dihancurkan.


Itulah daftar 9 film yang mengangkat perjalanan atau potongan kisah kepenyairan di dunia yang sempat terdata. Sekali lagi, daftar film tersebut layak Anda tonton bersama orang-orang terdekat, apalagi bagi Anda yang penyair, atau -yang sedang- menyukai penyair dan dunia puisi. (Nil)

Baca Juga:
Name

Agenda,26,Anekdot,59,Buku,54,Cerpen,14,Esai,94,Jeda,11,Pilihan,82,Puisi,76,Sayembara,35,Warta,148,
ltr
item
KAWACA.com: Ahai! Inilah 9 Film Tentang Biografi Kepenyairan
Ahai! Inilah 9 Film Tentang Biografi Kepenyairan
https://2.bp.blogspot.com/--8z3x0pHM_Q/We33kwAv4YI/AAAAAAAAAcU/iseSQIO4K_k9bQVLlwyMJOPdce5LWgbaACLcBGAs/s400/1508684101541.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--8z3x0pHM_Q/We33kwAv4YI/AAAAAAAAAcU/iseSQIO4K_k9bQVLlwyMJOPdce5LWgbaACLcBGAs/s72-c/1508684101541.jpg
KAWACA.com
https://www.kawaca.com/2017/10/ahai-inilah-9-film-tentang-kepenyairan.html
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/2017/10/ahai-inilah-9-film-tentang-kepenyairan.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy