Quote Hari Ini

"Jatuh cinta itu hanya sekali, selebihnya terpeleset"

Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi

Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi #KAWACA.COM - Dahulu, bangsa Mesir kuno mengatakan bahwa sakit gigi disebabkan amarah...

Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi





#KAWACA.COM - Dahulu, bangsa Mesir kuno mengatakan bahwa sakit gigi disebabkan amarah dewa. Tentu saja ini berbeda jauh dengan apa pendapat dokter gigi saat ini. Rasa sakit yang timbul sesungguhnya akibat adanya peradangan pada jaringan pulpa sehingga saraf yang ada di sana tertekan.

Jika sakit gigi yang awalnya parah kemudian menghilang, bisa jadi saraf yang ada di dalam pulpa gigi tersebut sudah mati. Kondisi seperti ini tidak dapat diabaikan begitu saja karena infeksinya belum lenyap. Kuman penyebab infeksi justru dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain dan mengakibatkan penyakit jantung, artitis (encok), dan lain-lain.

Walaupun sekarang ini di Indonesia sudah cukup banyak dokter gigi dengan predikat spesialis dan telah tersedia berbagai jenis pengobatan gigi, pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan. Berikut beberapa hal yang dapat kita upayakan untuk melindungi gigi:
  • Menggosok gigi secara teratur setiap kali selesai makan. Meski sedikit, sisa-sisa makanan di celah-celah gigi dapat menghidupi jutaan bakteri.
  • Memperkuat struktur pendukung gigi dengan memakan sayuran mentah atau buah yang agak keras, seperti wortel, apel, dan salak.
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang dapat mencegah proses pembusukan gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan manis. Gula memang manis bagi lidah, tapi “pahit” bagi kesehatan gigi.
  • Jika kondisi tidak memungkinkan untuk menggosok gigi seusai makan, bersihkan dengan jalan berkumur.
  • Segera temui dokter jika gusi selalu berdarah tiap kali menggosok gigi.Penyakit gusi yang berlarut-larut dapat berkembang menjadi penyakit lain yang lebih parah.
  • Tentukan jadwal rutin untuk mengunjungi dokter gigi, misalnya tiap 6-12 bulan.

Perlu dipahami, tidak ada zat atau metode biasa yang dapat membunuh semua bakteri yang ada di dalam mulut. Tujuan utama membersihkan mulut dan gigi adalah untuk mengurangi populasi bakteri yang tinggal di dalam mulut, khususnya yang mengancam kesehatan gigi.

Tidak semua bakteri dalam mulut berbahaya, bahkan setelah semalaman tinggal dalam mulut, bakteri dapat membentuk vitamin B12 yang cukup penting bagi tubuh. Oleh karenanya kita dianjurkan minum segelas air putih segera setelah bangun pagi, sebelum menggosok gigi.

Meskipun tampilannya sederhana, peran gigi sangat penting dan kita butuhkan seumur hidup. Jangan malas merawat kesehatan gigi, sebab gigi yang sehat tetap jauh lebih baik dari gigi palsu dari emas atau platina sekalipun. (Nil)
Name

Agenda,26,Anekdot,59,Buku,54,Cerpen,13,Esai,94,Jeda,11,Pilihan,82,Puisi,75,Sayembara,33,Warta,144,
ltr
item
KAWACA.com: Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi
Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi
https://1.bp.blogspot.com/-af11rO8Z7xc/WfAQUxv46BI/AAAAAAAAAhc/ZjkM8wahxWQtfLOQhzEpI-dKrzs6cP9TQCLcBGAs/s200/1508904717514.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-af11rO8Z7xc/WfAQUxv46BI/AAAAAAAAAhc/ZjkM8wahxWQtfLOQhzEpI-dKrzs6cP9TQCLcBGAs/s72-c/1508904717514.jpg
KAWACA.com
https://www.kawaca.com/2017/10/kawaca_25.html
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/2017/10/kawaca_25.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy