News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Buku: Surat untuk Ayah karya Franz Kafka

Buku: Surat untuk Ayah karya Franz Kafka

#KAWACA.COM - Diterjemah dari bahasa Jerman oleh Sigit Susanto, mengacu ke teks aslinya sebelum diedit Max Brod, orang yang dipercayakan Kafka untuk memegang naskah-naskahnya setelah ia meninggal.

Lebih dari seratus halaman Surat untuk Ayah (Brief an den Vater) ini ditulis tangan oleh Kafka dan dititipkan pada ibunya, Julie Löwy Kafka untuk diberikan pada ayahnya, Hermann Kafka, namun hingga Kafka meninggal surat itu belum sampai di tangan sang ayah. Surat ini ditulis di sebuah rumah sakit rehabilitasi penyakit tuberkulosis kota Schelesen pada tahun 1919. Saat itu Kafka berusia 36 tahun, pada puncak kreatifnya yang membara, lima tahun kemudian ia meninggal.

Secara umum surat protes Kafka kepada ayahnya ini menggambarkan empat situasi, yakni pada masa Kafka masih bocah dan lemah, perlakuan ayahnya yang tak sopan terhadap pembantu, ajaran agama Yahudi khas ayahnya dan batalnya tunangan Kafka. Sesuai latar pendidikannya jurusan hukum, maka Kafka seperti menciptakan sebuah sidang di meja makan. Ia bertindak sebagai penggugat dan sekaligus sebagai advokat, sedang ayahnya selamanya menjadi terdakwa. Kafka memberontak kepada ayahnya tidak dengan bahasa yang berapi-api, justru menggunakan senjata perasaan ketakutan yang mendalam.

Betapa ia merasa lebih kerdil dan rapuh di depan ayahnya yang perkasa. Ia anggap ayahnya sebagai diktator kecil dalam keluarga. Ia mencatat dengan jeli umpatan ayahnya kepada pembantu memakai bahasa kasar dengan menyebut; anjing. Dia dimarahi ayahnya di meja makan dengan umpatan, “Aku robek-robek kamu seperti ikan.” Di depan ibunya Kafka sering dapat sindiran ayahnya, “Itu anakmu yang manja.”

Beredar awal Desember 2017/ Pre order langsung ke penerbit Kakatua: WA 085 274 54 44 54 (Gita Kharisma) atau surel: kakatuabooks@gmail.com dengan harga Rp 43.000,-

Baca Juga:

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.