Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Bahaya Bengkel Om Suud Wong Ndeso Auto Gurah, Depok

Bahaya Bengkel Om Suud Wong Ndeso Auto Gurah, Depok

Bahaya Bengkel Om Suud Wong Ndeso Auto Gurah, Depok





Sejak pertama kali pakai mobil Grand Livina L10 dengan transmisi matic (A/T), saya langsung merasakan dua masalahnya, yakni mesin ngeletik dan ngempos tenaganya. Dua penyakit yang umum yang diidap Grand Livina, khususnya L10. Kabarnya penyakit ini bisa disembuhkan dengam tune up dan memakai BBM dengan oktan minimal 92 seperti Pertamax. Saya pun mengikuti dua resep tersebut, tetapi kambuh lagi dalam hitungan minggu. 

Tanpa sengaja di grup facebook Grand Livina Lover Indonesia (GALILOI), saya menemukan informasi dan review Bengkel Om Suud Wong Ndeso, Depok sebagai spesialis gurah mesin mobil Livina untuk menyembuhkan dua penyakitnya di atas (ngelitik dan ngempos). Saya langsung WA nomor tertera dan melakukan booking jadwal servis yang ternyata harus antre sampai bulan berikutnya.

Pengalaman Pertama 
Saya datang jam tiga sore dan pulang jam 12 malam. Cukup lama. Sebab di bengkel ini, tidak sebatas tune up, tetapi gurah mesin. Jadi, banyak bagian mesin terkait ruang bakar  yang dibongkar jalurnya, diperbaiki dan dibersihkan. Sesuai review orang-orang, Om Suud memang detail dan telaten, serta yang terpenting dia terlihat begitu mencintai apa yang dia kerjakan. Mungkin dia melihat mobil seperti melihat istrinya. Slogan yang kerap dia lontarkan "dilakone wae", barangkali sebagai salah satu moto hidupnya. Kebetulan pria kalem kelahiran Surabaya ini, juga memakai mobil Grand Livina L10. 

Bengkel ini bisa dibilang bengkel rumahan, tetapi pasiennya datang dari berbagai kota jauh di Indonesia, tidaknya hanya dari Jabodetabek. Om Suud selaku Owner juga bertindak sebagai montir tunggal. Dia memang sengaja tidak pakai asisten demi kesempurnaan pengerjaan, dan tentu saja untuk kepuasaan pelanggan. Makanya, dia hanya menerima maksimal dua mobil perhari, sehingga jadwal selalu penuh dalam sebulan atau dua bulan ke depan. Belum lagi, dia kadang bengekl libur beberapa hari, sebab harus ke luar kota memenuhi undangan sejumlah komunitas mobil untuk servis berjamaah, seperti ke Cilacap, Lampung, dan lainnya. Kegiatan ini dia sebut dengan istilah Gurame (Gurah Mesin Rame-Rame).






Selesai servis, Om Suud menawarkan sebuah alat yang dia sebut 'racun' untuk menambah tenaga mobil agar lebih responsif. Saya pun setuju. Hasilnya? Sepulang dari bengkelnya malam itu, saya langsung merasakan perbedaannya. Terutama dua penyakit (ngelitik dan ngempos) sembuh seketika dan mobil menjadi lebih enteng serta responsif. Sesampai rumah, saya WA ke Om Suud: "Om, mobil ini jadi bahaya, ia maunya nyelonong bai. Benar kata orang-orang mobil bekas Grand Livina itu nyaman, terutama setelah pulang dari Bengkel Om Suud."

Kata Om Suud, penyakit ngelitik Livina itu tidak bisa disembuhkan secara permanen dan itu juga diidap mobil lain. Beberapa bulan ke depan akan muncul lagi, tetapi dia menjamin akan lebih lama durasinya dari sekadar tune up biasa, tergantung BBM yang digunakan. Sekitar lima bulan kemudian, dengan BBM campur aduk sesuai kebutuhan antara Pertalite dan Pertamax, mobil saya kembali ngelitik. Saya pun mengontak Om Suud kembali untuk booking jadwal servis.

Pengalaman Kedua
Seperti pengalaman pertama, saya dapat jadwal kedua, datang sekitar jam tiga sore dan pulang jam 10 malam, lebih cepat dari sebelumnya. Sebab, kata Om Suud tidak separah yang pertama servisnya. Om Suud kembali menawarkan racun baru yang dia temukan agar mobil semakin bertenaga. Saya pun sepakat untuk mencoba.

Hasilnya? Mobil menjadi lebih luar biasa dari pengalaman pertama, semakin 'satttt settt' dan 'dasss desss'. Esoknya, saya pakai pergi ke luar kota, kemudian saya WA Om Suud: "Om, ini mobil jadi kian bahaya. Injak pedal gas jadi enteng dan tidak mau di belakang mobil lain. Ia maunya selalu di depan!"

Hal lain hal yang membuat saya kaget, ini mobil sangat responsif untuk nyalip atau nyelap-nyelip di antara mobil lain di tol, serta berlari di tanjakan seperti berlari di jalan datar saja. Luar biasa! Di sinilah letak bahayanya jika kita tidak bisa mengendalikan diri sebagai pengemudi. 

Di pengalaman kedua tersebut, saya banyak ngobrol dengan Om Suud terkait Tips dan Trik Rahasia Keamanan dan Kenyamanan Mobil Grand Livina di Jalan (@srhz)

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.