Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Tips dan Trik Rahasia Keamanan dan Kenyamanan Mobil Grand Livina di Jalan

Tips dan Trik Rahasia Keamanan dan Kenyamanan Mobil Grand Livina di Jalan

Tips dan Trik Rahasia Keamanan dan Kenyamanan Mobil Grand Livina di Jalan




Pada sela-sela servis, saya banyak ngobrol dengan Om Suud owner Bengkel Om Suud Wong Ndeso Auto Gurah, Depok terkait mobil dan perawatannya. Mobil memang perlu dirawat rutin agar dia tidak menyiksa kita sebagai pemiliknya. Menyiksa dalam arti dua hal, yaitu butuh dana perbaikan yang besar tanpa persiapan, dan mogok di jalan.

BIcara mobil, pada dasarnya bicara soal keamanan dan kenyamanan. Berikut tips dan triknya:

1. Sebab Pertamax mahal, ada alternatif BBM yang layak dicoba, yakni Revvo 90 di SPBU Vivo asal Swiss. Saya pun mencoba, dan hasilnya memang beda dibanding Pertalite, walau ron-nya sama-sama 90.

2. Sebagai risk management atau jaga-jaga di jalan, selain oli dan air radiator cadangan, kita perlu juga membeli beberapa part cadangan yang kita simpan di mobil, seperti busi dan selongsong koil Livina.

3. Untuk mobil yang sudah 10 tahun ke atas atau sudah lebih dari 170 ribu KM, ada beberapa bagian yang harus sering diperhatikan secara kasat mata, yakni radiator (bukan tabung airnya), sudah ada bintik atau bercak putih apa tidak di bagian bibir tutupnya. Jika sudah ada, itu tanda-tanda sudah mau bocor alias harus diganti, baik tutupnya saja atau satu set radiatornya, bisa pakai merk Koyorad sebagai alternatif.

4. Selain pergantian rutin, seperti oli, ban, filter-filter, kampas rem, aki dan lainnya, mobil yang sudah tahun tua, perlu juga diremajakan beberapa bagiannya jika sudah dirasa tidak nyaman, seperti kaki-kaki, blade wiper, kaca film, dan lainnya. Namun itu semua kembali kepada masing-masing pengendara.

5. Terakhir, terkait mobil yang mogok di jalan, itu umumnya disebabkan oleh dua hal, masalah kelistrikan sehingga mobil tidak bisa dinyalakan, seperti aki mati, atau pompa bensin macet atau bensin habis, sehingga bahan bakar tidak bisa mengalir. Jadi, untuk menghindari itu, maka perhatikanlah dua hal itu. 

Demikian yang saya dapat dari pengalaman servis mobil di Om Suud yang sudah saya ceritakan sebelumnya: Bahaya Bengkel Om Suud Wong Ndeso Auto Gurah, Depok(@srhz)

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.