Sebuah Persinggahan di Halte Puisi

Oleh Syarif Hidayatullah* Puisi adalah jalan yang biasa. Ia bisa sebuah jalan ke rumahmu yang ada di pedesaan. Kecil dan penuh kerik...


Oleh Syarif Hidayatullah*

Puisi adalah jalan yang biasa. Ia bisa sebuah jalan ke rumahmu yang ada di pedesaan. Kecil dan penuh kerikil. Namun, tak pernah menghalangimu sampai tujuan. Puisi bisa juga jalan beraspal hitam yang penuh sesak dengan kendaraan. Kemacetan yang ujungnya hanya dapat ditentang oleh kesabaran. Namun, tak pernah membuatmu menghentikan laju dan berputar arah saat kerja atau tugas menunggu.

Begitulah jalan puisi. Ia sama saja seperti jalan lain yang selalu dipandang dalam sudut yang saling bertentangan. Mudah dan Sulit. Menulis puisi dikatakan sulit, bergantung pada sudut mana kita memandangnya. Kita tidak akan pernah merasa sulit, jika kita tahu bahwa tujuan akhir dari perjalanan kata yang kita tulis adalah sebuah puisi. Ya, seperti tujuan perjalanan-perjalanan yang kita lakukan. Sekali menyalakan mesin, sekali itu pula kita akan sampai tujuan.

Namun sebaliknya, jika kita tidak memiliki itikad terhadap nasib puisi. Kita akan berbalik arah. Memutar haluan. Kembali ke asal. Kita tidak pernah sampai pada tujuan.
Puisi-puisi dalam buku ini adalah gambaran bagaimana orang-orang yang memilih untuk men-starter kendaraan puitiknya, untuk kemudian sampai kepada tujuannya, puisi. Sebagai sebuah tujuan, tentu saja ada jarak yang harus ditempuh. Jarak tujuan puisi pun demikian. Kita sampai pada pemberhentian yang mana, halte apa, di kilometer berapa. Semua tujuan itu bergantung pada bahan bakar yang digunakan serta mesin penggeraknya.

Dalam kumpulan puisi ini pun tergambar betapa puisi-puisi di dalam kumpulan ini memunculkan pencapaian halte estetis puisi yang beragam. Ada yang jaraknya sangat pendek, namun ada juga yang panjang. Lepas dari fakta tersebut, para penyair dalam kumpulan puisi ini serta karya-karyanya bukanlah untuk diperbandingkan dengan para penyair ternama seperti Sapardi Djoko Damono, Sutarji Calzoum Bachri, dan Jamal D Rahman yang tentu saja memiliki pengalaman estetik yang panjang sehingga perjanan kilometer puisinya sangatlah jauh. Mereka, para penulis dalam kumpulan puisi ini, sebagian baru mendalami puisi satu tahun terakhir, sebagian lagi tiga tahun terakhir. Artinya, spidometer kepuisiannya masih sangatlah pendek. Dengan hasil puisi yang saat ini, maka kita perlu berbangga.

Para penyair dalam kumpulan puisi ini adalah para penyair yang turut serta dalam kelas menulis puisi yang saya adakan secara formal dua tahun belakangan ini di Bengkel Sastra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebenarnya pesertanya terbuka, lintas prodi. Namun, yang ikut hanyalah mereka yang tergabung dalam Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kelas menulis puisi ini diselenggarakan adalah upaya untuk menyiapkan para penyair yang potensial untuk mengasahnya dalam diskusi dan materi teknis menulis puisi. Diskusi ini saya pimpin dengan waktu kegiatan seminggu sekali selama kurang lebih tiga jam. Para peserta gratis. Hanya diminta komitmen diawal untuk tetap hadir.

Namun dalam perjalanan kelas menulis puisi ini, banyak peserta yang timbul tenggelam dalam rutinitas kampus yang padat. Izin ada acara A, izin ada tambahan mata kuliah, dan seterusnya. Tidak apa. Meski dua orang yang hadir, kelas ini tetap berjalan.
Selain saya sebagai pengisi, sesekali saya undang sastrawan. Tahun 2017, saya mengundang penyair yang terkenal dengan puisi-puisi pagarnya, Sofyan RH. Zaid asal Madura. Selain itu, penyair, Ali Ibnu Anwar asal Jawa Timur.

Hasilnya, syukur alhamdulillah, kini buku kumpulan puisi ini dapat berada di tangan Anda. Kumpulan puisi ini memuat karya-karya peserta yang mengikuti kelas menulis puisi pada tahun 2016 dan 2017. Puisi-puisi kiriman mereka ini kemudian dikuratori oleh Wisnu Bagas Murtolo, yang dengan senang hati turut pula mendampingi mereka melalui puisinya dalam kumpulan puisi ini.

Kumpulan puisi ini bukanlah kumpulan puisi pertama. Sebelumnya pernah terbit, meski dalam buku elektronik. Seperti yang saya sampaikan di awal, kegiatan pelatihan menulis puisi ini secara formal dua tahun belakangan, namun sebelum-sebelumnya materi pelatihan menulis puisi menjadi agenda kegiatan komunitas vanderwijck yang diseling-seling dengan materi kesusastraan lain yang akhirnya hasilnya kurang memuaskan.

Mudah-mudahan, hadirnya kumpulan puisi ini menjadi salah satu bahan bakar motivasi agar dapat sampai pada persinggahan halte-halte puisi selanjutnya. Semoga pula, kelas menulis puisi lebih ramai, lebih bertenaga, dan pesertanya istiqomah. Amin.

Dalam kesempatan ini, juga ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Dekan FKIP Uhamka, Bapak Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Prima Gusti Yanti, M.Pd., serta Bapak Dr. Sukardi, M.Pd. terima kasih atas kalimat inspiratif yang menyertai buku ini, juga terima kasih pula atas dukungannya selama ini atas kegiatan kelas menulis cerpen.

Nama-nama lain yang tak saya sebutkan, tanpa mengurangi rasa hormat saya, tentu saja telah banyak membantu saya. Mohon maaf jika ikhtiar ini hanya baru pada persinggahan halte ini.

 *Penyair, dan dosen di Uhamka.

COMMENTS

Name

Agenda,22,Anekdot,52,Buku,48,Cerpen,6,Esai,74,Komunitas,8,Pilihan,74,Puisi,48,Sayembara,25,Warta,111,
ltr
item
Kawaca.Com: Sebuah Persinggahan di Halte Puisi
Sebuah Persinggahan di Halte Puisi
https://3.bp.blogspot.com/-aunkfdlkrUA/WsYVizapa1I/AAAAAAAADBI/LWpyw2fwbJYnVjYQhmJF8ItoiutPJJYSgCLcBGAs/s1600/SH.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-aunkfdlkrUA/WsYVizapa1I/AAAAAAAADBI/LWpyw2fwbJYnVjYQhmJF8ItoiutPJJYSgCLcBGAs/s72-c/SH.jpg
Kawaca.Com
https://www.kawaca.com/2018/04/sebuah-persinggahan-di-halte-puisi.html
https://www.kawaca.com/
http://www.kawaca.com/
http://www.kawaca.com/2018/04/sebuah-persinggahan-di-halte-puisi.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy