Quote Hari Ini

"Jatuh cinta itu hanya sekali, selebihnya terpeleset"

Pabengkon Sastra: Pulang ke Rumah Sendiri

KAWACA.OM - Penyair yang juga editor, Sofyan RH. Zaid mengatakan bahwa "Ketika suatu daerah telah berganti wajah, anak-anak cucu k...


KAWACA.OM - Penyair yang juga editor, Sofyan RH. Zaid mengatakan bahwa "Ketika suatu daerah telah berganti wajah, anak-anak cucu kita masih bisa mengenalinya lewat puisi-puisi tentang lokalitas daerah tersebut."

Apa yang disampaikan oleh Sofyan ini kemudian menjadi inspirasi dan mengkristal menjadi tema "Puisi dan Lokalitas", yang diangkat dalam tajuk acara "Halal Bihalal Pabengkon Sastra", Batuputih, Sumenep (24/06).

Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu tindakan nyata, selain untuk membangun dan mengembangkan kultur literasi di Sumenep, khususnya di Batuputih. Selebihnya untuk merekam, merawat dan melestarikan 'identitas diri' yang sejak lampau diwariskan nenek moyang dan mewarisaknnya kembali kepada anak cucu di masa mendatang. Betapa pun zaman berganti wajah begitu cepat dan betapa pun jauhnya mengembara, sebagai wujud mencintai tanah kelahiran kita harus tetap mengingat arah jalan pulang. Karena tempat kepulangan paling indah adalah rumah kita sendiri.

Acara tersebut yang dihadiri oleh Sofyan RH. Zaid sebagai pembicara. Sesepuh Pabengkon Sastra, H. Helmi Hartono dalam sambutannya menyampaikan, "lokalitas dalam tanda kutip menjadi penting supaya kita tidak kehilangan jati diri di tengah arus globalisasi dan modernitas yang semakin tak berbatas". Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sofyan RH. Zaid yang telah berkenan hadir dan berbagi ilmu kepada para 'penghuni' Pabengkon Sastra.

Perlu diketahui, 'Pabengkon sastra' sendiri adalah manifestasi dari 'komunikasi baik' yang dibangun oleh para pemuda, pelajar, santri, penulis, pegiat seni, pencinta budaya dan tokoh masyarakat. Komunikasi yang terbangun dengan baik itu akhirnya pada tanggal 22 Oktober 2017 bertepatan dengan hari santri nasional, menghasilkan sebuah kemufakatan tentang pendirian komunitas sastra yang diberi nama 'Pabengkon Sastra'.

Lahirnya Pabengkon Sastra dilatarbelakangi oleh kegelisahan bersama yang dirasakan oleh sebagian kaum muda (khususnya kawan-kawan muda di Pedalaman Batuputih, Sumenep) yang tidak memilki ruang gerak, berproses kreatif, menempa diri dan berkarya. Sehingga sebagian mereka menginginkan adanya sebuah ruang atau wadah untuk belajar, diskusi, bergiat bersama, guna mengaktualisasikan kreativitas dan bakat yang dimilikinya, serta mengeksplor 'lokalitas' Batuputih ke ranah publik sastra Indonesia. (Sufyan Abi Zet)

Name

Agenda,26,Anekdot,59,Buku,54,Cerpen,13,Esai,94,Jeda,11,Pilihan,82,Puisi,75,Sayembara,33,Warta,143,
ltr
item
KAWACA.com: Pabengkon Sastra: Pulang ke Rumah Sendiri
Pabengkon Sastra: Pulang ke Rumah Sendiri
https://1.bp.blogspot.com/-tNac0I2ABpg/WzNzvT_3BvI/AAAAAAAADUQ/bCxSXXzhVHceJ07VAXu1s7j6al3sK9_1wCLcBGAs/s320/IMG-20180627-WA0003.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tNac0I2ABpg/WzNzvT_3BvI/AAAAAAAADUQ/bCxSXXzhVHceJ07VAXu1s7j6al3sK9_1wCLcBGAs/s72-c/IMG-20180627-WA0003.jpg
KAWACA.com
https://www.kawaca.com/2018/06/pabengkon-sastra-pulang-ke-rumah-sendiri.html
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/
https://www.kawaca.com/2018/06/pabengkon-sastra-pulang-ke-rumah-sendiri.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy