News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Meriahnya Acara MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kabupaten Bekasi

Meriahnya Acara MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kabupaten Bekasi


KAWACA.COM - MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kabupaten Bekasi yang terdiri atas guru-guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kab. Bekasi,  melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus MGMP Periode 2018-2021 oleh KCD Wil.III, Penguatan Pegagogik (Pemantapan Perangkat Pembelajaran Implementasi K13 Terbaru), dan Pemaparan Aktualisasi Keberhasilan Pelaksanaan Lomba-Lomba Berbasis Karakter Bahasa Indonesia meliputi keberhasilan: Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), Pemuda Pelopor, dan Duta Baca 2018  sbg Implementasi Mapel Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan yang berkarakter.

Ada yang khusus dilaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan MGMP hari ini, yaitu Pelantikan dan Pengukuhan Resmi sejak dialih kelolanya SMA menjadi bagian dari Kelola Provinsi Jawa Barat, MGMP Bahasa Indonesia yang diketuai oleh Ibu Kurniawati, M.Pd. (Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMAN 5 Tambun Selatan) bersama seluruh pengurus menjadi inspirasi bagi MGMP Mapel lain untuk ikut serta menguatkan organisasi guru sbg bagian dari pengembangan diri yang merupakan bagian penting dalam UU Guru dan Dosen. Yang melantik adalah Kasie Pengawasan KCD Wil. III, Drs. Mawar, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kebanggaan bagi guru yang dapat mengadakan kegiatan ini. Bersamaan pula dengan guru-guru yang dapat membentuk para siswa menjadi Juara 1 berbagai lomba yang di adakan di tingkat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hingga masuk ke tingkat nasional. Kepengurusan yang dilantik ini telah membawa pengaruh baik dalam penyelenggaraan kompetisi di tingkat Kabupaten pada kegiatan di periode ini, hingga perlu dikukuhkan dengan resmi dan telah memiliki SK resmi kedinasan.

Adapun pelaksanaan kegiatan pada:
hari/tanggal: 
Sabtu, 08 September 2018
waktu: Pukul 07.00 s.d. selesai
tempat: SMAN 5 Tambun Selatan 
Jalan Sunset Boulevard Grandwisata, Lambangsari, Tambun Selatan, Kab.Bekasi
agenda: Pengukuhan Pengurus, Penguatan  Pedagogik (K13 Revisi), Paparan Pengalaman Juara LDBI, Pemuda Pelopor, dan Duta Baca 2018

Kegiatan ini dihadiri oleh 74 guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dari berbagai SMA negeri dan swasta di Kabupaten Bekasi. Para undangan pun cukup banyak yang hadir diantaranya:

Tamu Undangan: 
1. Pihak KCD Wil.III, Drs. Mawar, M.Pd.
2. Ketua Sanggar Bahasa MGMP, H. Sayoga, S.Pd., M.M
3. Para Kepala Sekolah dan Waka
4. Unit SMAN 5 TamSel
5. Para Ketua MGMP Mapel lain
6. Ketua Harian Konsorsium Sanggar Bahasa dan Seni (BeSi) dan tim musikalisasi puisi
7. Penerbit dari Bumi Aksara
8.Kawan2 Media
9. Juara 1 LDBI Tingkat Provinsi 2018
10. Juara 1 Pemuda Pelopor Kab.Bekasi 2018
11. Juara 1 Duta Baca 2018

Selain itu, kegiatan ini dihibur dengan berbagai kegiatan, diantaranya: persembahan Musikalisasi puisi dari sanggar BeSi (yang trlah menjadi sanggar Bahasa dan Seni yang cukup diperhitungkan di Kab.Bekasi),  beradu pantun dari siswa SMAN 5 Tambun Selatan (sebagai tuan rumah), dan pembacaan puisi dari guru-guru bahasa dan sastra Indonesia.

Di akhir kegiatan Ibu Kurniawati (biasa disapa Bu Nia) menyampaikan bahwa guru bahasa Indonesia harus menjadi kreator Penghela Ilmu Pengetahuan yang berkarakter dan agen literasi yang bermartabat di negeri sendiri dan  pengemban pencerdas  kehidupan bangsa.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.