Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Tapak Tak Berjejak karya Raja Mariani, S.Pd

Tapak Tak Berjejak karya Raja Mariani, S.Pd

Tapak Tak Berjejak
Raja Mariani, S.Pd

Editor: Marhalim Zaini 
Sampul: Tim Kreatif Suku Seni
Atak: Apip R Sudradjat
Cetakan Pertama: April 2019

Diterbitkan pertama kali oleh:
Komunitas Suku Seni, Riau
&
TareBooks
(Taretan Sedaya International)
Jalan Jaya 25, Kenanga IV, Cengkareng, 
Jakarta Barat 11730
tarebooks@gmail.com
www.tarebooks.com

vi + 48 hlm. – 14,8x21 cm
ISBN: 978-602-5819-29-2


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala rasa syukur tak terhingga senantiasa saya ucapkan kehadirat Allah SWT, Maha Rahman dan Maha Rahim, yang telah melapangkan hati dan pikiran saya sehingga perlahan tapi pasti akhirnya dapat juga saya menyelesaikan puisi demi puisi yang terangkum dalam buku kumpulan puisi “Tapak Tak Berjejak” ini. Sholawat serta salam tak pernah lupa saya tujukan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW, kemuliaan dan kesejahteraan semoga senantiasa tercurah kepada beliau beserta keluarga dan para sahabat.

Buku “Tapak Tak Berjejak“ ini berisi 40 puisi yang dengan susah payah saya selesaikan, berbekal keinginan hati yang disulut motivasi demi motivasi luar biasa dari Pak Musa Ismail dan bimbingan dari pakar puisi Pak Marhalim Zaini. Ide-ide menulis puisi bagi pemula seperti saya mungkin tidaklah mengalir semudah teman-teman yang punya latar belakang sastra, tapi dengan motivasi luar biasa dan bimbingan kedua narasumber dalam Bimtek Menulis Buku di Bengkalis beberapa waktu lalu (yang diselenggarakan oleh Rumah Kreatif Suku Seni Riau), akhirnya saya bisa menghasilkan sejumlah karya puisi.

Saya hendak membuktikan kata-kata pak Musa Ismail, bahwa puisi bukan milik orang sastra saja, tapi milik kita semua. Tak peduli dari latar belakang disiplin ilmu apapun, karena puisi itu bahasa hati yang dirangkai dalam kata-kata, indah dan bermakna. Lewat latihan demi latihan berbekal keinginan hati dan motivasi, puisi demi puisi kemudian dapat saya selesaikan meskipun dengan rangkaian kata yang sederhana dan mungkin biasa-biasa saja. Tapi inilah karya awal saya, dan saya harus menarik napas lega setelah akhirnya buku ini hadir.

Kumpulan puisi ini adalah karya perdana saya, yang rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sesuatu yang rasanya agak mustahil bisa saya lakukan. Inspirasi-inspirasi dalam menulis puisi saya dapatkan dari pengamatan, pengalaman juga dari kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dan sebagai seorang pemulda dalam dunia puisi, inilah yang mampu saya lakukan saat ini.

Akhir kata, ucapan terima kasih tak terhingga saya ucapkan kepada pak Musa Ismail atas motivasi luar biasa yang tidak hanya menyulut jiwa dan semangat saya, bahkan membuatnya menyala. Semoga tidak pernah padam sehingga dapat mengikut jejak beliau untuk menjadikan “karya sebagai nisan“ agar selalu dikenang. Pak Marhalim Zaini, dengan memberikan latihan demi latihan juga semangat yang tiada henti untuk selalu “gaass pool“ (yang biasanya disertai jempol manisnya) untuk mendorong saya menyelesaikan puisi demi puisi. Terima kasih juga Pak Marhalim, yang telah berkenan menjadi editor buku saya ini, serta telah memberi laluan untuk menerbitkannya.

Terima kasih juga kepada ananda tercinta Muhammad Ilham Damarizal, “you are my love, my life, my inspiration.” Terima kasih sahabat-sahabat peserta Bimtek Menulis Buku yang selalu saling menyemangati; Lisa Hartati, Meri, Dahlianti, Ariana, Dira dan rekan guru lainnya. Serta kepada Bapak Kepsek SMP Negeri 1 Bengkalis yang selalu memotivasi, juga kepada siswa, rekan guru atau siapapun dan apapun yang saya jadikan sumber ide puisi saya. Semoga puisi-puisi saya dapat dinikmati dan dapat menginspirasi bagi rekan-rekan pemula untuk mulai berkarya.

Bengkalis, 15 April 2019
Raja Mariani, S.Pd

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR iii
Meniti Kiamat 1
Jangan Benci Aku, Ibu 2
Titian Serambut Dibelah Tujuh 3
Rindu di Bejana Pilu 4
Duka di Atas Luka 5
Semesta Bertasbih 6
Langkah Tak Berarah 7
Karena Sang Kala 8
Kubasuh Luka dengan Doa 9
Bunda 10
Sumbu Suluh Hati Nurani 11
Perempuan-perempuan Perkasa 13
Jalan Hidayah 15
Kabut Pagi Ini 16
Purnama Semalam 17
Kembali Membara 18
Sang Penakluk Api 19
Senandung Rindu 20
Secangkir Kopi Abu-abu 21
Kejora di Mata Najwa 22
Tapak Tak Berjejak 23
Percikan Permenungan 24
Pesan Alam 25
Wanita 26
Sepasang Sandal Jepit Baru 27
Malaikat Kecil Titipan Ilahi 28
Guru 29
Jingga 30
Di Sini Cinta kan Selalu Bersemi 31
Anak Zaman 33
Bukan Pujangga 34
Bimbang 36
Uang 37
Sahabat 88 38
Kidung Sang Kodok 39
Junjungan Kalbu 40
Ribut Dini Hari di Marina 42
Tembesi 43
Pungguk Rindukan Bulan 44
Ajari Aku 45
TENTANG PENULIS 47



TENTANG PENULIS

Raja Mariani, S.Pd., lahir di Tanjung Balai Karimun, 2 Juli 1968. Menempuh pendidikan di SD 003 Tanjung balai Karimun, SMP Negeri 1 Tanjung Balai Karimun dan SMA 397 (SMA Negeri 1) Tanjung Balai Karimun, melanjutkan D2 PMP-Kn di Universitas Riau, dan menyelesaikan S1 PMP-Kn di STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Pernah mengajar di SMP 7 Batam di P. Kasu (1991-1993), lalu di SMPN 1 Rupat (1993-2007), di SMP Negeri 1 Siak Kecil (2007-2009) dan kini mengajar di SMP Negeri 1 Bengkalis (2009- sekarang). Sepenuhnya berkecimpung sebagai guru PPKn, meskipun pernah juga mengajar bahasa Indonesia, IPS, Budaya Daerah dan Bahasa Inggris untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar di sekolah tempat bertugas. Pernah mendampingi siswa mengikuti Lomba Bela Negara Tingkat Provinsi Tahun 2012 dan meraih juara 3, Olimpiade PPKN ke 7 se-Sumatera yang diadakan oleh UNRI , juara 1 dan 3 Lomba Pidato Kebangsaan dan juara 3 Karikatur Kebangsaan. Mengikuti pembekalan dan ditunjuk menjadi Instruktur Kabupaten untuk Kurikulum 2013, juga pernah mengikuti pembekalan dan ditunjuk jadi narasumber untuk Program Guru Pembelajar (GP) yang kemudian berubah nama Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pernah ditugaskan untuk mengisi kegiatan GP/PKB di Region Palembang, Banjarmasin , dan Solo.





Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.