Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Pendidikan Karakter, Literasi & Kreativitas karya Marlina, S.Pd

Pendidikan Karakter, Literasi & Kreativitas karya Marlina, S.Pd

Pendidikan Karakter, Literasi & Kreativitas karya Marlina, S.Pd

Pendidikan Karakter, Literasi & Kreativitas 
MARLINA, S.Pd

Editor: Marhalim Zaini 
Sampul: Tim Kreatif Suku Seni
Atak: Apip R Sudradjat
Cetakan Pertama: April 2019

vi + 62 hlm. – 14,8x21 cm
ISBN: 978-602-5819-30-8

Diterbitkan pertama kali oleh:
Komunitas Suku Seni
Pekanbaru, Riau
&
TareBooks
(Taretan Sedaya International)
Jalan Jaya 25, Kenanga IV, Cengkareng, 
Jakarta Barat 11730
tarebooks@gmail.com
www.tarebooks.com

KATA PENGANTAR

   Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya tulisan ini dapat diselesaikan walaupun dengan tertatih-tatih. Ibaratnya seperti balita yang baru belajar berjalan, tulisan-tulisan yang terhimpun dalam buku ini adalah sebuah proses cukup panjang dalam dunia kepenulisan saya. 

Berbagai topik tulisan dalam buku ini tidak jauh-jauh dari dunia yang saya geluti setiap hari, yakni dunia guru, dunia pendidikan. Ada banyak kegelisahan dalam diri saya, dalam pikiran saya, yang saya tuangkan dalam tulisan-tulisan tersebut. Sebagian tulisan dalam buku ini juga pernah pula dimuat di Dumai Pos. Dan satu tulisan merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah diubah suai menjadi sebuah esai. 

   Tentu, buku ini dapat diterbitkan atas bantuan berbagai pihak. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra Herni, MPd selaku senior yang telah banyak memberikan motivasi dan tunjuk ajar kepada saya. Bapak Marhalim Zaini, S.Sn, M.A bersama tim di Rumah Kreatif Suku Seni Riau yang telah banyak membantu dalam pengeditan dan penerbitan buku ini. Bapak Drs. Sabar, Kepala SMA Negeri 2 Bengkalis yang telah memfasilitasi dan memotivasi saya. Serta rekan-rekan sejawat yang turut memberikan dukungan dan masukan. Dan secara khusus, terima kasih kepada keluarga saya, suami saya Dedi Siswanto dan anak-anak saya, Prayoga Aryanda dan Salsa Namira Dena.

Saya sangat menyadari bahwa tulisan-tulisan saya dalam buku ini masih jauh dari sempurna. Sebagai sebuah buku pertama, saya tentu harus banyak belajar dan lebih tekun lagi dalam menulis untuk bisa menghasilkan karya tulis berikutnya. Dan buku ini adalah pemantik ide-ide saya berikutnya dalam menulis. Kritik dan saran selalu saya tunggu dari pembaca semua. Semoga buku ini memberikan kontribusi dan manfaat bagi kita semua, khsusunya bagi para pendidik. 

Bengkalis, 20 April 2019
Marlina, S.Pd


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR |3
FAKTOR PSIKOLOGIS PEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK |6
JADIKAN LITERASI SEBAGAI PEMBIASAAN |10
FAKTOR KEBERHASILAN KOMPETISI OSN |14
UNGGUL DAN BERPRESTASI |18
MENDONGKRAK HASIL BELAJAR SISWA |22
MENJADI GURU IDOLA |28
JADILAH GURU YANG DISIPLIN |32
TANTANGAN GURU FISIKA |36
PENTINGNYA MGMP |40
SULITKAH MENULIS ITU? |44
SULITNYA JUJUR |48
MEMBANGUN KREATIVITAS |52
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR 
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF |56
TENTANG PENULIS 64


TENTANG PENULIS

Marlina, S.Pd

Lahir di desa Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau pada tanggal 04 Mei 1977. Menyelesaikan pendidikan SD tahun 1989 di Bengkalis, SLTP tahun 1992 di Bengkalis, SLTA tahun 1995 di Bengkalis. Kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana pada FKIP Universitas Riau Jurusan Pendidikan Fisika Tahun 2000. Lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil tahun 2002, bertugas di SMA Negeri 1 Rangsang Barat Kepulauan Meranti (2002-2006) dan sekarang bertugas di SMA Negeri 2 Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

Beberapa artikel yang termuat di dalam buku ini pernah dimuat di Dumai Pos, di antaranya dengan “Kasta dalam Pembelajaran Fisika”, “Menjadi guru yang Disiplin”, “Sulitnya Jujur”, “Sulitkah Menulis Itu?”, “Pentingnya MGMP”. Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dihasilkan antara lain: “Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Demontrasi pada Siswa dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X. MIA B SMA Negeri 2 Bengkalis (yang telah diubah suai menjadi esai dalam buku ini).

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.