News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Cara Menghilangkan Kecanduan Games Online - Muhammad Adham Firdiaz

Cara Menghilangkan Kecanduan Games Online - Muhammad Adham Firdiaz

oleh Muhammad Adham Firdiaz*

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, manusia sudah sangat erat kaitannya dengan teknologi yang canggih seperti komputer, internet, dan sebagainya. Kenyataan itu sangat bagus untuk menunjang kemajuan cara berpikir manusia. Namun saat ini beberapa kemajuan tersebut dapat berdampak negative bagi masyarakat. Contohnya adalah game online.

Game online adalah game komputer atau gadget yang sangat digandrungi oleh anak-anak hingga dewasa. Betapa besar dampak jangka panjang dari kegiatan yang menghabiskan waktu luang lebih dari 30 jam per minggu, yaitu perkembangan aspek pendidikan, kesehatan dan sosial remaja., Biasanya mereka bermain di warnet (warung internet) jika mereka tidak memiliki internet di rumah masing-masing. Game online, apabila dimainkan secara normal akan bagus untuk menghilangkan penat sekaligus melatih ketangkasan dalam berfikir dan menggunakan perangkat komputer. Tetapi, jika dimainkan secara tidak normal atau kecanduan akan memberikan efek samping yang amat negative bagi pemainnya dan orang lain.

Kebanyakan pecandu game online adalah anak-anak hingga remaja notabene masih pelajar. Banyak anak-anak dan remaja yang menyisihkan uang sakunya untuk bermain game online berjam-jam hingga lama-kelamaan kecanduan game online. Akibat hal ini remaja pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah, bahkan kesehatan pun dilupakan. Bahkan tidak jarang anak-anak dan remaja yang masih pelajar membolos sekolah beberapa hari demi bermain game online tersebut. Tentunya itu adalah kenyataan yang sangat memprihatinkan.

Ada banyak penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game online, salah satunya karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan.Terdapat beberapa faktor penyebab dari internal maupun eksternal. Berikut ini saya akan menyebutkan satu persatu.

Faktor Internal
Ø Rasa bosan atau penat yang dirasakan remaja pada saat di rumah atau di sekolah
Ø Kurangnya kontrol diri dari anak-anak dan remaja, sehingga mereka kurang dapat mengatasi dan menyaring hal-hal negative yang disebabkan oleh game online
Ø Anak-anak dan remaja tidak mampu mengatur prioritasnya seperti ibadah, kesehatan, dan pelajaran di sekolah

Faktor Eksternal
Ø Ajakan dari teman sepergaulan yang juga kecanduan game online
Ø Kurang memiliki hubungan social yang baik dengan teman-temannya sehingga pilihannya adalah dengan menghabiskan waktu bermain game online di warnet

Tempat-tempat game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di perkotaan atau pun dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang dibahayakan dari dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan fisik pada usia remaja. Berikut ini adalah beberapa solusi dan cara mengatasi kecanduan game online:

1. Bersungguh-sungguh dan berniat untuk mengurangi bermain game online
2. Harus menanamkan dalam hati dan pikiran untuk mempunyai sifat hemat
3. Belajar menentukan prioritas dalam kehidupan, yaitu kewajiban seperti belajar, ibadah, membantu orang tua, melakukan pekerjaan rumah, dan sebagainya
4. Mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan memberikan dampak positif
5. Membatasi pergaulan dengan orang yang juga kecanduan game online

Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Faktor yang mempengaruhi kebanyakan dikarenakan rasa penat terhadap tugas dan ajakan teman-teman sekitar. Dampak negatif bermain game online lebih banyak dibanding dampak positifnya antara lain:

Ø Dapat merusak Kesehatan pemain.
Ø Menimbulkan Kemalasan dan tindakan kriminal
Ø Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung jawab.
Ø Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain game online.

*Muhammad Adham Firdiaz lahir di Jakarta. 7 Januari 1999. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara.ia biasa Adham dipanggil oleh orang-orang di sekitrnya. ia sekarang seorang mahasiswa di universitas MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA semester 1, ia sekarang mengambil jurusan FPSI atau Psikologi. Ia memiliki moto hidup “Baca-Pelajari-Fahami-dan Amalkan.”


____
Sumber: Ragam Problema Manusia Muda, Fajri Haikal Akbar, dkk, editor: Achmad Abimubarok, TareBooks, 2019

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.