News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Pengantar: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

Pengantar: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

Pengantar: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

WWW.KAWACA.COM | Ada yang mengatakan bahwa sejarah merupakan riwayat hidup orang-orang besar. Tidak selalu demikian, memang, akan tetapi sulit diingkari bahwa riwayat orang-orang besar itu sendiri merupakan sebagian (mungkin yang terbesar) dari grand narrative sejarah.

Abad 20 bagi Indonesia merupakan abad yang sangat bersejarah, karena di masa itulah kita meraih kemerdekaan setelah tiga setengah abad terjajah. Selain Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, cukup banyak peristiwa bersejarah yang terjadi dalam abad 20. Misalnya terbentuknya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 (yang menandai pergeseran pola gerakan anti-kolonialisme dari gerakan bersenjata menuju perjuangan melalui organisasi); Soempah Pemoeda tanggal 28 Oktober 1928 (tonggak sejarah yang menandai kesadaran untuk bersatu dalam perjuangan merebut kemerdekaan); perginya Belanda dan datangnya penjajah Jepang pada tahun 1942; perang kemerdekaan 1945-1949; pembunuhan para jenderal Angkatan Darat pada subuh 1 Oktober 1965 yang diikuti pembantaian kaum komunis di Indonesia; hingga people power yang memaksa rezim Orde Baru meletakkan kekuasaan pada tahun 1998. 

Abad 20 juga dihiasi dengan keberhasilan putra-putri bangsa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, maupun di bidang bisnis. Di balik peristiwa-peristiwa bersejarah itu, terdapat sosok-sosok berjiwa besar (great personalities) yang mempunyai karakter kuat, bercita-cita tinggi, dan rela berkorban untuk mencapai tujuan. Mereka memanfaatkan momentum sejarah untuk mewujudkan apa yang menjadi gagasan mereka. Merekalah yang menciptakan sejarah. Merekalah yang mengubah Indonesia menjadi apa yang kita kenaI sekarang.

Sejarah membuktikan, bahwa pergolakan untuk melawan penjajahan merupakan sesuatu yang berproses “dari atas ke bawah" (top down). Di abad-abad sebelumnya, perlawanan melawan penjajah sangat tergantung pada pemimpin. Memang ada sedikit perbedaan yang muncul di abad 20, yaitu corak perlawanan melalui organisasi. Namun demikian, karakter top-down masih cukup terasa. Kebanyakan organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan dimotori oleh elite pribumi, kebanyakan keluarga bangsawan, khususnya mereka yang memiliki kesempatan mencicipi pendidikan di Barat. Setelah setengah abad, barulah bermunculan tokoh-tokoh pengubah sejarah Indonesia yang muncul dari kalangan rakyat bawah (grass root). 

Buku ini bermaksud merangkum riwayat hidup tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia yang paling berpengaruh di abad keduapuluh. Mereka bisa merupakan tokoh protagonis, bisa juga tokoh antagonis. Mereka bisa saja seorang pahlawan pemersatu bangsa, bisa pula seorang tokoh gerakan separatis. Mereka bisa seorang tokoh politik, bisa pula datang dari dunia seni atau bisnis. Kriterianya, apa yang telah mereka perbuat memberi pengaruh bagi bangsa ini dalam kurun waktu yang lama, barangkali jauh lebih lama dibandingkan hidup mereka sendiri. Pemuatan nama-nama tokoh diurutkan berdasarkan alfabet, dan tidak didasarkan pada besar atau kecilnya pengaruh mereka terhadap sejarah Indonesia. 

Penyusunan dan penerbitan buku ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk membangkitkan kultus individu atau pemujaan berlebihan terhadap sosok tertentu, melainkan sebagai upaya mencegah amnesia sejarah (khususnya di kalangan generasi muda). Banyak hal yang bisa diteladani dari mereka yang telah mengubah sejarah bangsa ini. Misalnya totalitas dalam perjuangan seperti yang ditunjukkan oleh Jenderal Soedirman, idealisme tinggi dan semangat perubahan seperti yang ada pada diri Soe Hok Gie maupun Chairil Anwar, ketekunan dan konsistensi dari H.B. Jassin, dan sebagainya. Bahkan dari mereka yang mendapat tempat kurang baik dalam sejarah bangsa (seperti Abdul Qahhar Mudzakar, Daud Beureuh, Kartosoewirjo, D.N. Aidit, dan Tan Malaka), kita selalu bisa mendapatkan pelajaran berharga.

Tokoh-tokoh yang dimuat dalam buku ini memang hanya memiliki peran kuat dalam sejarah negeri ini di abad 20. Oleh karena itu, jiwa-jiwa besar seperti Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Tuanku Imam BonjoI, Gadjah Mada, Pattimura, dan banyak nama lain yang berkiprah sebelum abad 20, belum kami cantumkan dalam buku ini. Begitu pula mereka yang mendapatkan momentum perjuangannya baru datang setelah abad 20 berakhir, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, belum dimuat di sini. Bukan berarti apa yang mereka lakukan tidak cukup berharga, namun kami memiliki rencana menerbitkan volume khusus untuk memuat seluruh tokoh bangsa dalam sejarah Nusantara.

Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Penerbit


100 Tokoh yang Mengubah Indonesia:

1. Abdul Haris Nasution
2. Abdul Qahhar Mudzakkar
3. Abdurrahman Wahid
4. Adam Malik
5. Adnan Buyung Nasution
6. Affandi
7. Agus Salim
8. Achmad Bakrie
9. Ahmad Dahlan
10. Ali Moertopo
11. Ali Sadikin
12. Amien Rais
13. B.J. Habibie
14. Bing Slamet
15. Bung Tomo
16. Cephas
17. Chairil Anwar
18. Clifford Geertz
19. D.N. Aidit
20. Daud Beureuh
21. Dewi Sartika
22. Djoko Soetono
23. Goenawan Mohamad
24. H.B. Jassin
25. H.O.S. Tjokroaminoto
26. HAMKA
27. Hasyim Asy’ari
28. Hendricus Sneevliet
29. Ibnu Sutowo
30. Idjon Djanbi
31. Ismail Marzuki
32. Iwan Fals
33. Jakob Oetama
34. Kartosoewirjo
35. Kasman Singodimedjo
36. Kho Ping Hoo
37. Ki Bagus Hadikusumo
38. Ki Hadjar Dewantara
39. Kusbini
40. L.B. Moerdani
41. Liem Seng Tee
42. Liem Sioe Liong
43. Megawati Soekarnoputri
44. Mochtar Kusumaatmadja
45. Mohammad Hatta
46. Mohammad Natsir
47. Mohammad Roem
48. Mohammad Yamin
49. Munir
50. Muso
51. Notonagoro
52. Nurcholish Madjid
53. Oei Tiong Ham
54. Oerip Soemohardjo
55. Pater Beek
56. Pramoedya Ananta Toer
57. R.A. Kartini
58. Rhoma Irama
59. Rudy Hartono
60. Sartono Kartodirdjo
61. Sedyatmo
62. Semaun
63. Sjafruddin Prawiranegara
64. Snouck Hurgronje
65. Soe Hoek Gie
66. Soedirman
67. Soedjatmoko
68. Soedjojono
69. Soeharto
70. Soekarno
71. Soepomo
72. Soeprijadi
73. Soetomo
74. Sri Sultan Hamengku Buwono IX
75. Sumitro Djojohadikusumo
76. Sukarni
77. Surya Wonowijoyo
78. Sutan Sjahrir
79. Sutan Takdir Alisjahbana
80. Suwandi
81. Tan Malaka
82. Teguh Srimulat
83. Thayeb Mohammad Gobel
84. Tirto Adhisoerjo
85. Tjipto Mangoenkoesoemo
86. Tjoet Nyak Dien
87. Tjokorda Raka Sukawati
88. Tony Koeswoyo
89. Usmar Ismail
90. Van Deventer
91. Van Ophuysen
92. Van Vollenhoven
93. W.R. Soepratman
94. W.S. Rendra
95. Wahid Hasyim
96. Wahidin Sudirohusodo
97. Widjojo Nitisastro
98. William Soerjadjaja
99. Wirjono Prodjodikoro
100. Yap Thiam Hien 

Pengantar dan 100 tokoh yang mengubah Indonesia tersebut terdapat dalam buku 100 TOKOH YANG MENGUBAH INDONESIA: Biografi Singkat Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Indonesia di Abad 20 yang disusun oleh Floriberta Aning S dan Bernard Siagian sebagai penyunting. Pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit NARASI, Yogyakarta tahun 2005.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.