Sudah Nonton 6 Film Tentang Puisi?

#KAWACA.COM - Setelah  9 Film Biografi Kepenyairan , k ali ini redaksi Kawaca menghimpun 6 film yang mengangkat tema tentang puisi...





#KAWACA.COM - Setelah 9 Film Biografi Kepenyairan, kali ini redaksi Kawaca menghimpun 6 film yang mengangkat tema tentang puisi. Meski berbeda latar tempat, waktu, dan budaya, keenam film ini dengan cemerlang menyajikan makna puisi dari berbagai sudut pandang dan menunjukkan kekuatannya. Bagi pencinta puisi dan film rasanya rugi kalau tidak menyempatkan menonton sederetan film menarik ini. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Dead Poet Society (1989)
Tentang seorang pengajar bahasa Inggris di sebuah sekolah khusus laki-laki pada 1950-an yang menginspirasi murid-muridnya untuk selalu membuat perubahan dalam hidup mereka dan mengajak mereka tertarik puisi. Salah satu kutipan menarik di film ini: “Kita tidak membaca dan menulis puisi karena itu indah. Kita membaca dan menulis puisi karena kita adalah anggota umat manusia.” Film ini memenangkan kategori skenario terbaik di Academy Award 1990 dan mengantarkan Robin Williams meraih nominasi pemeran pria terbaik.

2. Slam (1998)
Film ini menceritakan seorang pria muda Afrika-Amerika, yang meskipun terlahir memiliki bakat puisi dan bercita-cita untuk menjadi rapper, tetap kesulitan untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar: kekerasan dan transaksi narkoba. Akting para pemain dalam adegan kontes baca puisi (Poetry Slam) di film ini menjadi tontonan yang dramatis. Slam berhasil memenangkan Grand Jury Prize untuk kategori Film Drama di Festival Film Sundance tahun 1998.

3. Poetry (2010)
Berkisah tentang seorang wanita berusia 60an yang tinggal bersama cucu lelakinya yang beranjak remaja. Di tengah pikun yang mulai menderanya (kelak ia divonis dimentia/alzheimer), ia mengembangkan minatnya pada puisi. Ia pun mencoba mengatasi masalah-masalah yang silih berganti menghampirinya dengan bergabung di klub penulisan puisi. Film produksi Korea Selatan ini dipilih untuk kompetisi utama di Cannes Film Festival 2010, dan memenangkan Penghargaan Skenario Terbaik.

4. The Butterfly’s Dream (2013)
Berlatar di Turki pada masa Perang Dunia II, film ini fokus pada dua pemuda yang memiliki minat yang besar terhadap puisi. Mereka bahkan bertaruh dengan puisi untuk memenangkan hati sang gadis pujaan. Cinta, sistem kelas sosial, hambatan agama, juga penyakit TBC, menjadi ujian persahabatan mereka. Film dengan sinematografi yang indah ini dipilih oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Ömer Çelikas, sebagai kandidat Turki untuk Academy Awards 2014.

5. The Kindergarten Teacher (2015)
Tentang seorang guru TK yang terpesona dengan bakat mengarang puisi yang dimiliki salah satu muridnya. Ketertarikannya lambat laun berubah menjadi obsesi yang membuatnya nekat untuk bertindak di luar batas dengan dalih melindungi bakat penyair dan kemurnian si anak dari kehidupan masyarakat modern. Film yang meraih beberapa penghargaan internasional ini tengah dibuat lagi dengan judul yang sama dan dibintangi Maggie Gyllenhaal. Film ini akan dirilis di Amerika tahun 2018.

6. Paterson (2016)
Film yang menyoroti keseharian Paterson, seorang supir bus dari kota Paterson, New Jersey. Menjalani hidupnya yang biasa saja dan dalam pola yang sama, Paterson di jeda rutinitasnya selalu menyempatkan menulis puisi di buku catatannya. Melalui karakter Paterson, kita seakan disadarkan pentingnya memiliki mimpi dan gairah agar hidup tidak sekadar hidup. Film ini telah sukses meraih berbagai penghargaan, di antaranya Film Terbaik dari FEST International Film Festival 2017 dan nominasi Palme d’Or dalam Cannes Film Festival 2016.



Keenam film di daftar ini seolah menyuarakan hal yang sama, bahwa puisi yang dibangun oleh kata-kata, tidak bisa disepelekan pengaruhnya. Seperti yang dikatakan Pak Guru Keating dalam Dead Poet Society kepada murid-muridnya: "Tak peduli apa yang orang katakan padamu, kata-kata dan gagasan bisa mengubah dunia." (Nil)

Baca Juga:
Awas, Pornografi di Emoticon WhatsApp
RAM: Tidak Sekadar Menyanyikan Puisi!
Buku ASPI: Polemik dan Tanggapan
Name

Agenda,21,Anekdot,52,Buku,47,Cerpen,6,Esai,62,Komunitas,8,Pilihan,72,Puisi,44,Sayembara,24,Warta,103,
ltr
item
Kawaca.Com: Sudah Nonton 6 Film Tentang Puisi?
Sudah Nonton 6 Film Tentang Puisi?
https://4.bp.blogspot.com/-n4PxaazMS64/Wf9wX5gLlsI/AAAAAAAAA3c/jSLByqQzv-gIhtji5J6phqegGsaoEwAkgCLcBGAs/s400/1509898047914.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n4PxaazMS64/Wf9wX5gLlsI/AAAAAAAAA3c/jSLByqQzv-gIhtji5J6phqegGsaoEwAkgCLcBGAs/s72-c/1509898047914.jpg
Kawaca.Com
http://www.kawaca.com/2017/11/sudah-nonton-6-film-tentang-puisi.html
http://www.kawaca.com/
http://www.kawaca.com/
http://www.kawaca.com/2017/11/sudah-nonton-6-film-tentang-puisi.html
true
6018571269726360398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Bacalah Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy