News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Kong Guntur Elmogas: Maestro Pantun Indonesia

Kong Guntur Elmogas: Maestro Pantun Indonesia

#KAWACA.COM - Kong Guntur Elmogas lahir di Bekasi, 08 Maret 1954. Menggeluti sastra khususnya puisi sudah sejak tahun 1983. Elmogas merupakan budayawan Bekasi sekaligus sebagai maestro pantun Indonesia. Sejak pensiun sebagai PNS, Elmogas lebih khusyuk berkarya, mengisi acara, dan membina banyak komunitas di Bekasi.

Sosok yang ramah, elegan, dan kocak ini telah melahirkan sejumlah karya di  antaranya:  Antologi Puisi Bekasi  bersama 17 sastrawan Bekasi (2005), Pantun Betawi 2008 bersama Maman S. Mahayana dan Yahya Andi Saputra (2008), Pantun Bekasi (2010), Situn Bekasi (2013). Elmogas juga pernah menyusun Kamus Dialek Bekasi 4. 2O11 bersama Abdul Choir, Muhtadi Muchtar, dan Bambang Widiatmoko (2011), Cetrok Bekasi bersama Ridwan Marhid, Ridwan Fauzie, dan Abdul Choir (2012),

Pada tahun 2013 Elmogas meraih REKOR MURI DUNIA berpantun terlama nonstop selama ( 12 jam 05 menit 32 detik ) dan menyampaikan lebih dari 12.000 pantun yang diiringi musik Topeng Nomir Bekasi, Marawis Kampoeng Toegoe, Team Qasidah Mpo Tuti Alawiyah, Kecapi Suling Karyana Praja, dan Musik etnis Wajah secara bergantian.

Elmogas banyak diundang mengisi acara, antara lain: Workshop Budaya Betawi, Seminar Budaya Betawi, Festival Budaya Melayu Betawi, Festival Setu Babakan, Festival Lebaran Orang Betawi di Monas, FestivaI Lebaran Bekasi di Kampung Sawah, Festival Lebaran Bekasi, Festival RUMAH PELANGI, dan Festival RUMAH WARNA. Tidak hanya acara sastra dan kebudayaan, Elmogas juga kerap diundang mengisi acara perkawinan dan keagamaanseperti Maulid Nabi, dan Isra Mikraj.

Selain itu, Elmogas juga sering diundang sebagai juri dalam banyak sayembara, semisal:
Festival Pantun Melayu Betawi tingkat Provinsi Jawa Barat, Lomba Puisi Nasional, Lomba menulis Pantun Nusantara, Pemilihan ABANG MPO Bekasi, Lomba Brebut Dandang se- Jabodetabek, Festival Ondel- Ondel  Betawi Betawi, Festival MAEN PUKUL.

Sebagai budayawan, Elmogas banyak terlibat dalam sejumlah acara penting di Bekasi, khususnya yang berpusat menghidupkan Gedung Juang Tambun, seperti Perayaan Hari Puisi Indonesia, Babaritan Pantun dan Puisi.

Kini Elmogas bersama 50 orang ahli bahasa Bekasi sedang menyusun Ensiklopedia Betawi Raya sambil menjadi pembina 10 sanggar Budaya, 23 Komunitas Budaya dan Seni, serta sebagai penasehat lebih dari 20 komunitas di Jabodetabek, termasuk Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.