News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Hari Keamanan Komputer Sedunia

Hari Keamanan Komputer Sedunia

#KAWACA.COM - Tahukah Anda bahwa tanggal 30 November dicanangkan sebagai Hari Keamanan Komputer Sedunia? Hari tersebut untuk mengingatkan bahwa keamanan komputer pribadi maupun yang digunakan di tempat kerja merupakan tanggung jawab kita sebagai penggunanya. Tidak hanya komputer, berbagai gawai yang umumnya dimiliki manusia zaman now, perlu diperhatikan keamanannya. Berikut beberapa upaya terkait pengamanan komputer yang setidaknya bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan perangkat keras dan zona meja Anda. Pastikan tidak ada debu yang menutupi atau di dalam komputer dan peralatan terkait. Layar dapat dibersihkan dengan tisu anti-statis, papan ketik dan area komputer dibersihkan dengan penyedot debu. Hindari menempatkan cairan terbuka seperti kopi di dekat komputer. Ruang kerja yang bersih dapat mengurangi kecerobohan dalam bekerja.

2. Periksa kerentanan perangkat lunak dan program. Pastikan semuanya dalam kondisi prima. Kalau Anda sudah cukup lama tidak mengganti kata sandi, bahkan mungkin lupa apa kata sandinya, sebaiknya segera menggantinya. Cari tahu tentang cara memilih kata sandi yang sulit ditebak.

3. Lakukan penyapuan virus secara rutin. Baca cara menghapus virus jika Anda menemukannya. Bersihkan juga data Anda dari berkas-berkas yang sudah tidak dibutuhkan. Selain mengkonsumsi memori, berkas-berkas tersebut dapat menciptakan “pintu” bagi virus.

4. Cadangkan data Anda secara berkala. Anda dapat mengaktifkan program yang akan melakukan hal tersebut secara otomatis. Untuk setiap perangkat yang Anda miliki, pertimbangkan untuk memiliki beberapa sumber pencadangan data. Selain stik USB, hard disk, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pencadangan data online, misalnya Cloud.

5. Selalu pikirkan keamanan komputer (laptop/notebook) saat Anda bepergian. Jangan meninggalkannya di tempat terbuka di dalam mobil dan hindari membawa secara terbuka di tempat-tempat yang memang rawan pencopet. Sekali saja kita teledor, misalnya meninggalkannya di café, memungkinkan orang lain mengakses informasi yang ada di dalamnya.

Nah, selamat mempraktikkan langkah-langkah pengamanan komputer di atas. Hanya dengan memastikan keamanan terlebih dahulu baru kita dapat menikmati kenyamanan. (Nil)

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.