Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Enam Dekade Ajip Rosidi Mewarnai Sastra Indonesia

Enam Dekade Ajip Rosidi Mewarnai Sastra Indonesia

#KAWACA.COM - Ajip Rosidi merupakan salah satu ‘orang sukses tanpa sekolah’. Dia lahir di Majalengka, 31 Januari 1938. Meski tidak tamat sekolah menengah, namun dia dipercaya mengajar sebagai dosen di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan Jepang. Pada 31 Januari 2011, ia menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. Pada umur 12 tahun, saat masih duduk di bangku kelas VI Sekolah Rakyat, tulisan Ajip telah dimuat dalam ruang anak-anak di harian Indonesia Raya. Sejak SMP Ajip sudah menekuni dunia penulisan dan penerbitan. Ratusan buku sastra lahir dari tangannya dan sebagian karyanya telah diterjemahkan ke dalam sejumlah bahasa: Belanda, Cina, Inggris, Jepang, Perands, Kroatia dan Rusia. Menjadi anggota DKJ sejak awal (1968), kemudian menjadi Ketua DKJ beberapa masa jabatan (1972-1981). Dia merupakan salah seorang pendiri Yayasan PDS H.B. Jassin (1977) dan tahun 1989 secara pribadi memberikan Hadiah Sastra Rancage, yang kemudian dilanjutkan oleh Yayasan Kebudayaan Rancage yang didirikannya. Sejak 1981diangkat menjadi guru besar tamu di Osaka Gaikokugo Daigaku (Universitas Bahasa Asing Osaka), sambil mengajar di Kyoto Sangyo Daigaku (1982-1996) dan Tenri Daignku (1982-1994), dia terus aktif memperhatikan kehidupan sastra-budaya dan sosial-politik di tanah air dan terus menulis.

Kini Ajip sudah enam dekade turut mewarnai sastra Indonesia. Untuk menandai momen tersebut dibuatlah acara khusus, yakni Enam Dekade Ajip Rosidi Mewarnai Sastra Indonesia  persembahan Voice of Indonesia. Acara ini akan digelar pada Sabtu, 24 Februari 2018, l9.30 - 21.30 WIB di Auditorium Abdul Rahman Saleh, RRI Jakarta, Jln. Medan Merdeka Barat 4-5, Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan hadir memberikan sambutan. Pengisi acara antara lain adalah bersama Burhanuddin Abdullah, Rahmat Budiman, Eep Saifullah Fatah, Abrory A. Djabbar, Neno Warisman, Iman Soleh, Ratih Sanggarwati, Dima Miranda dan Trio Wales, Beben Jazz, Doddy B. Priambodo, Jose Rizal Manua, Maghfi dan Ody, Agus Sugih.

Selain itu, sebagai acara pamungkas akan ada renungan budaya oleh Ajip Rosidi sendiri.
Acara yang akan berlangsung adalah makan malam bersama, gelar wicara, deklamasi karya Ajip Rosidi, musikalisasi puisi, dan aksi melukis. Sedangkan Ical Vrigar dan Novarah Adiba akan bertindak sebagai MC dalam acara ini.

Mari hadir dan mendoakan tokoh sastra Indonesia Ajip Rosidi ini agar panjang umur, sehat, dan tetap berkarya.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.