News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Musnah karena Kata-Kata

Musnah karena Kata-Kata



#KAWACA.COM – Ada banyak pepatah dan kata bijak terkait pentingnya menjaga kata-kata yang keluar jadi suara dari mulut manusia. “Mulutmu adalah harimaumu!”, “Lidah lebih tajam dari pedang!”, “Luka yang disebabkan kata, lebih lama sembuhnya dibanding dengan luka yang disebabkan pisau!”.Maka, hati-hatilah dengan kata-kata.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Bukhori dalam Shahih al-Adab al-Mufrad, 88 dikisahkan: Suatu hari Abu Hurairah RA berkata bahwa pernah ditanyakan pada Rasulullah SAW:

 “Wahai Rasulullah, sesungguhnya si Fulanah itu suka salat malam, puasa di siang hari, mengerjakan (bermacam kebajikan) dan banyak bersedekah, hanya saja ia suka mengganggu para tetangga dengan lisannya.”
Rasulullah SAW pun menjawab:

 “Tidak ada kebaikan pada wanita seperti ini, dia termasuk penghuni neraka!

Kemudian mereka bertanya lagi:

 Dan bagaimana dengan si Fulanah yang hanya mengerjakan salat fardhu dan hanya bersedekah dengan sepotong keju, namun lisannya tidak pernah mengganggu tetangganya seorangpun?”. 
Rasulullah SAW pun menjawab:

 “Dia termasuk penghuni surga!

Hadis tersebut menunjukkan pada kita, betapa bahayanya kata-kata. Kata-kata yang sempat melukai orang lain akan menghapus segala pahala ibadah dan kebaikan yang dilakukan. Kini menjadi terang bahwa keselamatan hidup manusia di dunia dan akherat hanya terletak pada kata-katanya.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.