News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Bedah Buku MMKI (Nurel Javissyarqi) di FIB Universitas Indonesia

Bedah Buku MMKI (Nurel Javissyarqi) di FIB Universitas Indonesia


#KAWACA.COM ~ Sebagai lanjutan dari Bedah Buku MMKI (Nurel Javissyarqi) di PDS HB Jassin kali ini atas kerjasama antara Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias (Bogor Raya) dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Buku Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia karya Nurel Javissyarqi akan dibedah di Auditorium Gedung 4 FIB UI pada:

Kamis, 3 Mei 2018
13.00 – 15.00 WIB

Acara ini akan dihadiri oleh Nurel Javissyarqi sebagai penulisnya dengan pembedah Ibnu Wahyudi dan Sofyan RH. Zaid. Sedangkan M. Yoesoef akan bertindak sebagai moderator.

Acara ini gratis, dan untuk info lebih lanjut bisa mengubungi 087887863982 (Ariani) atau 085100314507 (Gengsi Sutjahjo)

Sebagaimana yang disampaikan Tengsoe Tjahjono, buku setebal 500 halaman ini semakin mengukuhkan pandangan bahwa kritik sastra itu merupakan karya kreatif juga. Sastrawan menafsirkan hidup dan lalu menuliskan ke dalam karya sastra. Kritikus sastra menafsirkan karya sastra dan lalu menuliskannya dalam bentuk kritik sastra. Jadilah kritik sastra sebagai karya re-kreasi. Kreasi atas kreasi, tafsir atas tafsir. Buku ini merupakan tafsir Nurel atas esai Ignas Kleden tentang Sutardji Calzoum Bachri.

Lebih lanjut Tengsoe, buku ini adalah tafsir untuk menguak subjektivitas Ignas Kleden. Subjektivitas inilah yang mendorong subjektivitas Nurel membedahnya kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf. Buku ini merupakan kritik atas kritik. Subjektivitas atas subjektivitas. Sangat menarik untuk dibaca. Siapa tahu nanti juga akan lahir kritik atas buku ini. Anda harus membacanya.

Sementara menurut Siwi Dwi Saputro, secara keseluruhan buku MMKI memang memusingkan. Barangkali kalau ditulis dengan gaya bahasa yang lugas dan tidak berbelit-belit akan lebih dapat diterima oleh semua kalangan. Benarkah demikian? 

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.