News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Perayaan HPI 2018, Bekasi Paling Panjang Rangkaian Acaranya

Perayaan HPI 2018, Bekasi Paling Panjang Rangkaian Acaranya


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Hari Puisi mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar merayakan Hari Puisi Indonesia secara sukarela dan penuh kebahagiaan. Tahun ini, ada sekitar 67 perayaan telah digelar di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Bekasi Raya yang laksanakan oleh Forum Kesenian Bekasi Raya (FKBR). 

Perayaan HPI di Bekasi Raya terbilang yang paling lama digelar, yakni delapan kali di tempat yang berbeda. Rangkaian acara tersebut bertajuk "Gaung Puisi di Tapal Batas Bekasi" yang dimulai pada pertengahan bulan Agustus hingga pertengahan Oktober 2018.

Inilah 8 tempat acara perayaan HPI 2018 digelar secara bergiliran:

1. Sekolah Alam Prasasti (tuan rumah Komarudin Ibnu Mikam);
2. Komunitas Mendut Tambun (tuan rumah Raden Sudarmono);
3. Madrasah, Jaka Sampurna (tuan rumah Fahmi Benhud);
4. Islamic Centre (tuan rumah Kong Guntur Elmogas);
5. BKMB Kartini (tuan rumahAbdul Choir);
6. Dinas Pendidikan Kota Bekasi (tuan rumah DKB Kota atau Ridwan Marhid);
7. Saung Bitung yang diprakarsai (tuan rumah DKB Kabupaten atau Iswandi Ichsan);
8. Rumah Budaya Ujung Harapan Bahagia (tuan rumah Hilalludin Yusri).

Di Rumah Budaya Ujung Harapan Bahagia dengan tuan rumah Hilalludin Yusri itulah, puncak perayaannya digelar. Acara diawali dengan Salam Pantun Kong Guntur Elmogas, Sambutan Tuan Rumah, Laporan Ketua Panitia (Dyah Kencono), dan Sambutan dari Yayasan Hari Puisi (Sofyan RH. Zaid). Panitia menghadirkan budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra sebagai bintang tamu.

Selain Yahya, Rian Hamzah selaku MC memanggil satu persatu penyair untuk tampil membaca puisi, seperti Ridwan Ch Marhid dan istri, Fahmi Benhud, Ridwan Fauzi sekeluarga, Diana Prima Resmana, Nila Hapsari, Armen S Doang, Ali Satri Efendi, Wieke, dan lainnya. Hadir juga para penyair, seperti Ayid Suyitno Ps, Wig MS, Widodo Arundono, serta Giyanto Subagio, Asep Setiawan, dan Jaronah Abdullah yang datang dari Jakarta. 

Acara ditutup dengan nobar film puisi karya Rian Hamzah sambil menikmati makan malam yang disediakan tuan rumah. Suasana acara benar-benar seperti tema Hari Puisi Indonesia 2018, yakni "Puisi sebagai Renjana dan Sikap Budaya".

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.