News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

10 Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019

10 Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019

10 Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019

KAWACA.COM | Sejak peluncurannya di Hotel Nagoya Plaza pada tahun 2015 lalu, Yayasan Jembia Emas terus bergerak maju mendorong kemajuan dan keunggulan budaya Melayu di pentas dunia. Selain menyelenggarakan Festival Sastra Internasional Gunung Bintan, ia juga rutin menggelar Anugerah Jembia Emas yang diberikan kepada sosok-sosok yang unggul, berkualitas, berkarakter Melayu, monumental serta dengan pemikirannya mampu menggerakkan dinamika budaya Melayu. Penganugerahan tersebut merupakan komitmen dan wujud nyata Yayasan Jembia Emas khususnya terhadap Kepulauan Riau, sebagai  jantung kebudayaan Melayu.

Tahun 2019, melalui Tanjungpinang Pos, Yayasan Jembia Emas kembali merilis 10 Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019 sebagai tahun keempat penghargaan berdasarkan hasil sidang dewan Juri yang dipimpin oleh pendiri sekaligus ketua pembina Yayasan Jembia Emas, Rida K Liamsi.

Siapa saja 10 sosok tersebut? Berikut daftarnya yang disusun secara alfabetis:


  1. Abdul Kadir Ibrahim (sastrawan)
  2. Adi Lingkepin (musisi)
  3. Deddy Junizar (perupa)
  4. Faisal Sofyan (sastrawan)
  5. Mohamad Nasir Tahar (penulis)
  6. Pepy Candra (koreografer)
  7. Ramon Damora (sastrawan)
  8. Tarmizi Rumahitam (sastrawan)
  9. Teja Alhahd (sastrawan)
  10. Yuanda Isha (penyair)
10 Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019

Dari 10 nama terpilih, terdiri dari lintas generasi dan profesi. Ada yang berkarya di bidang sastra, seni lukis dan rupa, penari. dan peneli kebudayaan. Bahkan, sebagian nama dikenal masih aktif tercatat sebagai birokrat. Dalam hal ini, Rida berkata: “Seni itu bukan kerja sampingan, tetapi panggilan hati. Kerja dan birokrasi tidak bisa membunuh naluri seorang seniman. Karena hakikat seorang seniman atau budayawan itu adalah karya!”

Lebih lanjut menurut Rida, bukan kerja mudah untuk menentukan 10 nominasi tersebut, karena kami tetap konsisten mengacu pada ‘khittah kualifikasi’ yang telah disepakati sejak tahun pertama.

Barangkali sesuai dengan filosofi Jembia itu sendiri yang diambil dari nama sebuah senjata khas Melayu. Senjata yang menggambarkan karakteristik masyarakat Melayu yang pantang menyerah dalam segala arah. Dengan demikian, Jembia bisa berarti kehendak kuat, serius, kritis, dan terus!

Selamat kepada 10 sosok terpilih sebagai Nomine Penerima Anugerah Jembia Emas 2019.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.