News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Oikos Poeti Per Il Futuro: Buku Antologi Puisi dan Bahasa Bersama - Sofyan RH. Zaid

Oikos Poeti Per Il Futuro: Buku Antologi Puisi dan Bahasa Bersama - Sofyan RH. Zaid

Oikos Poeti Per Il Futuro: Buku Antologi Puisi dan Bahasa Bersama
oleh Sofyan RH. Zaid


KAWACA.COM |Saya punya semacam puisi atau sebutlah puisi-puisian berjudul Musim Kawin. Puisi ini saya tulis dalam bahasa Indonesia sekitar tahun 2010. Puisi ini kemudian, untuk pertama kalinya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dimuat dalam buku antologi puisi bersama Kepak Sajak edisi dua bahasa (Indonesia - Inggris) yang diterbitkan oleh Forum Sastra Bekasi (FSB) tahun 2016.

Tahun 2020 akhir, puisi-puisian ini untuk kedua kalinya diterjemahkan ke dalam bahasa Italia dan dimuat dalam buku antologi puisi bersama Oikos Poeti Per Il Futuro yang diterbitkan oleh Mimesis Classici Contro, Milano, Italia atas kerja sama Universitas Ca 'Foscari, Departemen Humaniora, Kotamadya Vicenza, Galeri Italia - Palazzo Leoni Montanari dan Asosiasi Budaya Klasik Italia Venesia. 

Buku ini memuat puisi 150 penyair dari berbagai negara, seperti Uzbekistan, Perancis, Irak, Spanyol, Meksiko, Romania, Maroko, Kolombia, Kroasia, Finlandia, Italia, Amerika, Filipina, Jerman, Tiongkok, Irlandia, Vietnam, Brazil, Singapura, Indonesia, dan sejumlah negara lain yang asing namanya bagi saya. Buku setebal 468 halaman ini sudah terbit dalam dua versi, cetak dan elektronik awal tahun 2021.

Sebagai buku antologi puisi bersama, buku ini cukup unik. Puisi-puisi yang dimuat di dalamnya ditampilkan dalam dua bahasa, yakni bahasa nasional negara asal dan bahasa Italia. Itu artinya, buku ini bukan hanya buku antologi puisi bersama, tetapi juga antologi bahasa bersama.

Saat membolak-balik halaman buku ini, saya langsung terpikir: Kiranya asyik, andai ada buku antologi puisi bersama Indonesia yang dalamnya memuat puisi para penyair dari berbagai daerah dengan format dua bahasa: bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Buku impian tersebut, mungkin sudah ada. Namun jika belum ada, saya kira sangat mungkin ada. Karena, ada banyak acara tahunan terkait antologi puisi bersama di Indonesia, seperti Hari Puisi Indonesia, Dari Negeri Poci, Festival Internasional Gunung Bintan, Perkumpulan Rumah Seni Asnur, Banjarbaru Rainy Days Literary Festival, Tifa Nusantara, Kemah Sastra Banyuwangi, Lumbung Sastrawan Indonesia, dan lainnya.

Bekasi, 19 Januari 2021

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.