Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Dua Buku Puisi Karya Pelajar Madrasah dari Gapura, Sumenep

Dua Buku Puisi Karya Pelajar Madrasah dari Gapura, Sumenep

Dua Buku Puisi Karya Pelajar Madrasah dari Gapura, Sumenep





KAWACA.COM | Buku 99 Rindu dari Mata yang Berzikir berisi puisi-puisi dari siswa-siswi MA Nasy'atul Muta'allimin Gapura, dan buku Doa Sebelum Memulai Mata Pelajaran Perpisahan menghimpun puisi dari siswa-siswi MTs Al-Huda II Gapura. Kedua madrasah terletak di Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

 

Dua buku puisi ini diterbitkan oleh TareBooks, Jakarta. Selain sebagai dokumentasi karya, juga sebagai bukti dari proses mengenalkan puisi kepada mereka di lembaga pendidikan, seperti Madrasah.

 

Dalam prosesnya, pembelajaran puisi berlangsung di dalam dan luar kelas. Kami terus mendorong mereka agar rajin membaca karya orang lain, mendiskusikan, dan mengirimkan karya ke media massa, sayembara, dan antologi puisi bersama. Alhamdulillah, beberapa dari mereka sudah ada yang karyanya dimuat media massa, keluar sebagai juara atau nomine lomba, dan lolos di sejumlah antologi puisi bersama.

 

Menurut Faidi Rizal Alief, selaku mentor dan kurator untuk dua buku tersebut, “ini adalah tahun ketiga sejak proses itu dimulai. Tentu, kami akan terus melakukannya, mengevaluasi, dan mengembangkannya lebih jauh bersama teman-teman yang terlibat, seperti Matroni Muserang, Khairul Umam, Waris Rovi, Guguk Mancanegara, Saiful Bahri, dan lainnya. Kami percaya, bahwa puisi juga perlu dibawa sampai ke pelosok kampung, ke madrasah-madrasah, agar lahir dari tangan-tangan pelajar yang usianya masih belasan tahun.”

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.