News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Persaudaraan dalam Islam

Persaudaraan dalam Islam

#KAWACA.COM ~ Habib Ali Zainal Abidin al-Jufri lahir di Jeddah, 16 April 1971. Meski berdarah Arab Saudi, namun beliau kini tinggal di Yaman. Sebagai habib, beliau telah berdakwah ke sejumlah benua: Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika. Suatu hari Habib Ali Zainal Abidin al-Jufri berkata:


يَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِنَّمَا المُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ, أَيْ أَنَّ كُلَّ مُؤْمِنٍ بِاللهِ بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ أُخْوَةُ الإِيْمَانِ وَلَيْسَ مَعْنَى ذَالِكَ أَنَّ غَيْرَ المُؤْمِنِ لَيْسَ بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ صِلَةُ أُخْوَةٍ, فَهُنَاكَ أُخْوَةُ الإِنْسَانِيَّةِ وَأُخْوَةُ الوَطَنِ وَأُخْوَةُ النَّسَبِ

Artinya: “Allah Swt, berfirman: Sesungguhnya orang-orang mukmin mereka adalah bersaudara. Ini berarti diantaramu dan diantara orang  orang yang percaya kepada Allah Swt merupakan saudara dalam iman. Namun demikian, bukan berarti engkau tidak memiliki hubungan persaudaraan dengan orang-orang non mukmin; di sana ada persaudaraan sesama manusia; persaudaraaan sesama warga Negara; juga persaudaraan dalam hubungan darah.”

Hikmah:

1. Allah Swt. telah menciptakan makhluk dengan beraneka ragam suku, budaya, bangsa dan agama. Sesungguhnya perbedaan ini adalah sebuah karunia dari Allah Swt. yang patut kita syukuri, dimana tujuan hal ini adalah agar manusia dapat berlomba-lomba dalam kebaikan.

2. Salah satu landasan utama yang mampu menjadikan umat bersatu atau bersaudara ialah persamaan kepercayaan atau akidah. Akan tetapi tidak berarti bahwa umat islam dilarang untuk berhubungan dan bersahabat dengan umat selain Islam. Umat islam pun dianjurkan untuk berhubungan dengan mereka karena pada dasarnya semua manusia itu berasal dari bapak yang sama, yakni Adam.

3. Kata ukhuwah, menurut M. Quraish Shihab dalam bukunya” Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam kehidupan Masyarakat”  diartikan sebagai “setiap persamaan dan keserasian dengan pihak yang lain, baik persamaan keturunan, dari ibu, bapak atau keduanya, maupun keturunan dari persusuan”. Secara majazi kata ukhuwah (persaudaraan) mencakup persamaan salah satu unsur seperti suku, agama, profesi, dan perasaan.

4. Habib Ali Jufri menegaskan tentang pentingnya menjaga ukhuwah (persaudaraan). Persaudaraan disini sangat luas, sebab dalam banyak hal kita memiliki banyak kesamaan dengan makhluk Allah yang lain. Diantara ukhuwah tersebut; 

Pertama, ukhwuah  ‘Ubudiyah’ atau persaudaraan sesama makhluk Allah Swt.; 
Kedua, ukhuwah Insaniyyah atau (basyariyyah)  dalam arti seluruh umat manusia adalah bersaudara karena berasal dari seorang ayah dan ibu yang sama. Rasulullah SAW juga menekankan hal ini melalui sebuah hadits: “Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara”; 
Ketiga, Ukhuwah Wathaniyah wa an-Nasab, yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.; Ukhuwah fi ad-din al-islam, yaitu persaudaraan antara sesama muslim, dan inilah ukhuwah tertinggi yang disebutkan dalam al-Qur’an. (Mabda Dzikara)

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.