News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Judul Buku Antologi Puisi Sastra Reboan #3 dan Alasannya

Judul Buku Antologi Puisi Sastra Reboan #3 dan Alasannya




Sastra Reboan merupakan acara rutin Penguyuban Sastra Rabu Malam (PaSaR Malam) yang digelar setiap bulan sejak tahun 2008. Sastra Reboan yang didirikan oleh Yo Sugianto dan kawan-kawan, hingga tahun 2018, telah 10 tahun berjalan turut meramaikan kesusastraan Indonesia. Dalam perjalanannya yang 'jatuh bangun', tidak terhitung berapa ratus sastrawan dan seniman tyang elah tampil, dan berapa jumlah buku yang telah didiskusikan di panggung Sastra Reboan di Warung Apresiasi, Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan.

Sebagai bukti kreatif perjalanannya, Sastra Reboan telah melahirkan dua buku antologi, yakni: Kerlip Puisi, Gebyar Cerpen, Detak Nadi Saatra Reboan (2011), dan Cinta Gugat (2012). Kedua buku tersebut, menghimpun karya sastra para sastrawan dari berbagai penjuru di Indonesia.

Dengan demikian, untuk terus merawat tradisi literasi Sastra Reboan, mengabadikan momentum 1 dekade, dan merayakan ulang tahun yang ke-10, Sastra Reboan akan kembali menerbitkan Buku Sastra Reboan #3.

Tahun 2018 untuk menandai momentum 10 tahun Sastra Reboan, kembali akan menerbitkan buku antologi puisi bertema "Waktu". Kini semua naskah telah terkumpul setelah melalui proses kurasi yang panjang. Berikut hasil kurasi finalnya: Hasil Kurasi Puisi Sastra Reboan #3 (Final)

Buku Sastra Reboan #3 ini akan diberi judul buluwaktu. Judul tersebut diusulkan oleh Dedy Tri Riyadi selaku salah satu kurator. Ada tiga pertimbangan utama kenapa judul tersebut yang akhirnya disepakati dari sekian judul yang diusulkan, yakni:

(1) Judul buluwaktu merupakan frasa yang unik dan tidak biasa;

(2) Kata "bulu" selain bermakna kamus, juga berarti kependekan dari nama tempat Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan, di mana acara panggung Sastra Reboan biasa berlangsung dari awal;

(3) Kata "waktu" mengacu pada tema buku antologi puisi Sastra Reboan #3 tersebut.

Kini buku sedang dalam proses terbit. Mohon dukungan dan doa dari semua pihak, semoga segala sesuatunya lancar dan membahagiakan.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.