Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Siswa Terampil Berbicara karya Desfianti, S.Pd., M.Pd

Siswa Terampil Berbicara karya Desfianti, S.Pd., M.Pd


SISWA TERAMPIL BERBICARA

MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
DESFIANTI, S.Pd., M.Pd




Editor: Marhalim Zaini
Sampul: Tim Kreatif Suku Seni
Atak: Apip R Sudradjat
Cetakan Pertama: April 2019

Diterbitkan pertama kali oleh:
TareBooks
(Taretan Sedaya International)
Jalan Jaya 25, Kenanga IV, Cengkareng,
Jakarta Barat 11730
tarebooks@gmail.com
www.tarebooks.com

x + 100 hlm. – 14,8x21 cm
ISBN: 978-602-5819-25-4

_____
PENGANTAR PENULIS

Alhamdulillah, pertama sekali penulis mengucapkan puji dan syukur yang sebesar-besarnya kehadirat Allah Maha Suci, yang telah memberikan rahmat dan dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan dua karya tulis ilmiah yang kemudian dihimpun dalam buku yang berjudul “Siswa Terampil Bercerita Menggunakan Alat Peraga” ini. Dua karya ilmiah hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu adalah yang penulis lakukan pada tahun 2010 dan tahun 2013.

Dihimpun dalam satu buku, karena keduanya memiliki kesamaan teori dan metodologi penelitian, serta kesamaan tempat penelitian yakni di SMP Negeri 3 Mandau, tempat di mana penulis bertugas. Kedua topik penelitiannya tersebut adalah berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bercerita Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 3 Mandau semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010” dan “Meningkatkan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Alat Peraga pada Siswa Kelas IX 10 SMP Negeri 3 Mandau Tahun 2013.

Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media gambar siswa. Sebab data analisis hasil belajar keterampilan bercerita atau ketuntasan belajar siswa sangat rendah. Sehubungan dengan itu penulis merasakan perlu mencari solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut. Salah satu solusinya mencarikan strategi dan metode yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis mencoba menggunakan atau menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Selama proses penyelesaian penelitian ini, sampai menjadi buku ini, penulis banyak mendapat masukan dari teman-teman, baik teman-teman guru di SMP Negeri 3 Mandau maupun teman-teman guru yang mengajar di sekolah lain. Dan juga dari pimpinan penulis. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Edi Sakura, S. Pd selaku kepala sekolah yang telah memberikan motivasi kepada penulis. Kepada Ibu Metriyeni, S. Pd selaku pengamat, Ibu Dra. Armuni sebagai wali kelas IX 10 yang telah berkenan bekerjasama dengan penulis, Ibu Yulita, S. Pd sebagai koordinator perpustakaan, dan siswa-siswa kelas VII 5 dan kelas IX 10 SMP Negeri 3 Mandau yang telah menjadi objek dalam penelitian ini. Terima kasih juga kepada Bapak Marhalim Zaini, M.A, yang berkenan menjadi editor buku ini.

Yang tidak kalah pentingnya adalah penulis mengucapkan terima kasih kepada keluarga penulis yang selalu memnberikan motivasi baik secara lahir maupun batin. Semoga bantuan yang penuh ikhlas dari pimpinan dan semua pihak terkait mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin.

Penulis menyadari, bahwa karya tulis dalam buku ini jauh dari kesempurnaan, masih banyak terdapat kelemahan dan kekurangan. Sehubungan dengan itu penulis berharap kepada semua pihak, terutama pembaca buku ini nanti, dapat memberi masukan, saran dan kritik yang membangun.

Salam takzim
Desfianti, S.Pd., M.Pd

___

DAFTAR ISI

PENGANTAR PENULIS | iii
DAFTAR TABEL | vi
DAFTAR GAMBAR | viii

BAB I PENDAHULUAN | 1
A.     Latar Belakang Masalah - 1
B.      Tujuan dan Manfaat Penelitian - 6

BAB II. KAJIAN TEORI | 9
A.   Pengertian Belajar dan Hasil Belajar – 9
B.   Keterampilan Bercerita dan Berbicara – 11
C.   Media Pembelajaran – 14
D.   Media/Alat Peraga – 16

BAB III METODE PENELITIAN | 19
A.     Bentuk Peneliitan - 19
B.      Objek Penelitian - 19
C.     Subyek Penelitian - 20
D.     Prosedur Penelitian - 22
E.      Teknik Analisis Data - 25

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN | 29
A.     Keterampilan Siswa dalam Bercerita Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 3 Mandau semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 - 29
B.      Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Alat Peraga pada Siswa Kelas IX 10 SMP Negeri 3 Mandau Tahun 2013 - 37

BAB V. PENUTUP | 53

DAFTAR PUSTAKA | 57
LAMPIRAN-LAMPIRAN | 59
BIODATA PENULIS | 87

____
BIODATA PENULIS

Desfianti, S. Pd., M. Pd, lahir di Batu Palano Kecamatan Banuhampu Sungai Puar, 23 Maret 1968. Lahir dari pasangan Newar E. Tumanggung Basa dan Samiar ini sejak 2017 sampai sekarang bertugas sebagai Kepala UPT Satuan Pendidikan di SMP Negeri 6 Mandau. Setelah sebelumnya, pertama diangkat menjadi PNS pada tahun 1995-1998 ia ditempatkan mengajar di SMPN 1 Bagan Siapi-api, kemudian pindah tugas ke SMPN 4 Bangko (1998-2017). Menempuh pendidikan SD Negeri di Batu Palano, MTsN Koto Baru Padangpanjang, melanjutkan ke MAN Koto Baru Padangpanjang. Tahun 1988-1993 ia menempuh pendidikan tinggi di FKIP UMSB Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Berbagai prestasi di dunia pendidikan pernah ia raih. Tahun 2012-2015 melanjutkan S2 di Universitas Riau Jurusan Manjemen Pendidikan dengan predikat sangat memuaskan. Tahun 2008-2009 ia meraih peringkat kedua Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Mandau. Tahun 2009 ia masuk nominasi karya tulis terbaik di tingkat Provinsi Riau. Tahun 2010 meraih Guru Berprestasi mulai dari tingkat Satuan Pendidikan, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, sampai dengan meraih juara kedua di tingkat Provinsi Riau. Tahun 2011 ia mewakili kabupaten Bengkalis menjadi peserta lomba pembuatan media pembelajaran di tingkat Provinsi Riau. Tahun 2014-2017 menjadi instruktur Kurikulum 2013. Penelitian yang sudah dihasilkan di antaranya sejumlah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dua di antarnya dihimpun dalam buku ini. Beberapa karya tulis juga termuat di Jurnal Pendidikan. 

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.