Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Kata Bijak tentang Guru

Kata Bijak tentang Guru

Kata Bijak tentang Guru

KAWACA.COM | 25 November selalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya. Untuk turut merayakan momentum tersebut, berikut sejumlah kata bijak tentang guru yang layak kita renungkan, terutama oleh para guru.


"Kebajikan atau pengetahuan saja tidak akan cukup sebagai modal untuk menjadi guru. Anugerah mengajar adalah bakat yang khas dan melibatkan kebutuhan serta hasrat dalam diri sang guru sendiri." 
John Jay Chapman


"Guru adalah orang yang mendapatkan sebagian besar dari pelajaran, dan guru sejati adalah pelajar." 
Elbert Hubbard


"Satu guru sekolah yang baik lebih banyak berguna daripada seratus imam." Thomas Paine

"Kau bisa membayar guru untuk mengajar tapi kau tak bisa membayar mereka untuk peduli." 

Marva Collins


"Seorang guru yang mencoba mengajar siswanya tanpa memberikan inspirasi agar mereka memiliki hasrat untuk belajar adalah seolah memalu besi yang sudah dingin." 
Horace Mann


"Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya." 
Pramoedya Ananta Toer


"Guru yang tidak tahan kritik boleh masuk keranjang sampah. Guru bukan dewa dan selalu benar, dan murid bukanlah kerbau." 
Soe Hok Gie


"Mengatakan bahwa sebuah teks bermakna 'tunggal' - oleh guru sekolah - merupakan suatu perkosaan terhadap prinsip pluralitas makna yang dimungkinkan di dalam semiotika. Mengatakan bahwa makna sebuah teks atau gambar harus mengikuti pemaknaan golongan tertentu merupakan satu bentuk represi tekstual." 
Y.B Mangunwijaya


"Aku seorang guru. Guru adalah seorang pemimpin. Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku. Aku tidak berjalan di atas air. Aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak." 
Marva Collins


"Guru biasa memberitahukan. Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Guru hebat mengilhami." 
William Arthur Ward


"Para guru yang bijaksana tidak menawari Anda untuk masuk ke dalam rumah kebijaksanaan, melainkan membawakannya ke ambang pikiran Anda." 
Khalil Gibran


"Sebagai seorang guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira. Aku bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham, bisa bercanda atau mempermalukan, melukai atau menyembuhkan." 
Haim Ginott


"Teknologi hanyalah alat. Namun, untuk menjadikan anak-anak bisa saling bekerja sama dan termotivasi, guru adalah yang paling penting." 
Bill Gates


"Ada dua jenis guru: jenis yang akan mengisimu dengan banyak tembakan sehingga kamu tidak bisa bergerak, dan jenis yang memberikan kamu sedikit lecutan di belakang sehingga kamu akan melompat ke langit." 
Robert Frost


"Guru yang baik melindungi muridnya dari pengaruhnya sendiri." 
Bruce Lee


"Guru harus menurunkan tidak hanya kemampuan, tapi keinginan, untuk mengamati fenomena alamiah. Guru harus mengerti dan merasa posisinya sebagai pengamat: kegiatan harus terletak pada fenomena tersebut." 
Maria Montessori


"Yang penting bukan bagaimana caramu hidup. Tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu. Seorang majikan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu. Tapi seorang guru membangkitkan pengharapanmu sendiri." 
Patricia Neal


"Seorang Guru berpengaruh selamanya. Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir." 
Henry Brooks Adams


"Kalau kau ingin bersikap sopan, maka kau tidak akan mengajak bicara teman di bangku sebelahmu saat guru sedang bicara." 
Sam Madison


"Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru." 
Lois E. LeBar


"Seorang guru yang baik dapat menginspirasi harapan, membangkitkan imajinasi, dan menanamkan cinta belajar." 
Brad Henry


"Seorang guru yang baik, seperti seorang penghibur yang baik, harus lebih dahulu menarik perhatian penonton, lalu setelah itu baru dia bisa mengajarkan pelajaran." 
John Hendrik Clarke


"Guru adalah mereka yang menunjukkan kepada kita apa yang mungkin dalam urutan yang tidak mungkin." 
Paul Valéry


"Seorang guru sekolah harus memiliki suasana kekaguman, dan berjalan dengan penuh rasa ingin tahu, seolah-olah dia takjub menjadi dirinya sendiri." 
Walter Bagehot

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.