Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Majalah Literasi DAMAR Tak Sekadar Nyala

Majalah Literasi DAMAR Tak Sekadar Nyala

MAJALAH LITERASI DAMAR TAK SEKEDAR NYALA

Majalah Damar

Damar adalah majalah cetak yang diterbitkan oleh Komunitas Damar Korong (DK) yang berbasis di timur daya Sumenep. Majalah literasi dengan moto “Tak Sekadar Nyala” ini  menitikberatkan pada karya sastra dan hal-hal seputar pendidikan dan isu kebudayaan terkini.


Rubrikasi

Rubrik utama Damar meliputi:

·         “Suluh” (menampilkan puisi, cerpen, esai para sastrawan secara umum):

·         “Nyala” (menayangkan puisi dan cerpen karya para pelajar yang disertai ulasan karya atau esai apresiasi dari redaksi);

·         “Pendar” (halaman khusus yang bisa berisi liputan atau hasil wawancara dengan sejumlah sosok terkait sastra dan literasi di lembaga pendidikan).

 

Latar Belakang

Lahirnya majalah Damar dilatari oleh berbagai hal yang menjadi pertimbangan, antara lain: (1) Lemahnya minat baca masyarakat, terutama para pelajar setempat; (2) Minimnya ruang publikasi karya sastra pelajar  atau para penulis pemula yang disertai ulasan apresiasi; (3) Mengimbangi arus akselerasi dunia maya yang tak terkendali, atau setidaknya agar tidak terlalu jauh terseret arus tersebut hingga lupa daratan.

Barangkali hadirnya majalah cetak Damar di di era 5.0 yang bertuhan pada internet dan berkiblat digital merupakan sesuatu yang lucu. Iya, kami menyadari hal itu sepenuhnya. Namun kami juga punya alasan dan pertimbangan lain yang mungkin publik juga tidak tahu. Apa itu?

Pertama, sebagian besar pondok pesantren,  khususnya di Madura, tidak menyediakan fasilitas atau akses internet. Selain itu, para santri juga dilarang menggunakan gawai selama berada di lingkungan pondok pesantren. Sementara itu, sejumlah santri punya bakat dan minat terhadap aktivitas baca tulis kesastraan.

Kedua, berdasarkan pengalaman sejumlah anggota komunitas DK yang kurang nyaman membaca karya sastra secara digital dan daring, terutama saat kita asyik membaca, tiba-tiba terpotong oleh munculnya iklan ini dan itu.

Ketiga, menyodorkan alternatif media literasi yang bisa dipegang dan disimpan dengan aman dan penuh kebanggaan, terutama bagi pembaca yang karyanya dimuat di dalam majalah Damar.

Keempat, menghadirkan obat penawar bagi siapa saja yang merindukan majalah cetak sebagai teman rehat dan merasakan aura nostalgik yang berpendar dari majalah Damar.



KRU REDAKSI


Dewan Pengarah:

A. Warits Rovi

Faidi Rizal Alief

Sofyan RH. Zaid


Pemimpin Redaksi: Daviatul Umam

Redaktur: Helmy Khan, Bintu Assyatthie


Dewan Redaksi:

A. Warits Rovi

Daviatul Umam

Faidi Rizal Alief


Editor: Ina Herdiyana

Desain Grafis: Tim Kreatif DK

Lukisan Cover: Ochez Sumantri


Sirkulasi: Siti Aina Fatussunna

Iklan: Elmiyatus Sholehah

Keuangan: Ibna Asnawi


Penerbit:

Komunitas Damar Korong

d/a Warung Puitika: 

Jl. KH. Agus Salim, Giling, Sumenep Kota, Madura, Jawa Timur, Indonesia 69416

087885829680 | damarkorong@gmail.com 

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.