Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Tanggal Mainnya Rumah Tetangga

Tanggal Mainnya Rumah Tetangga


#KAWACA.COM – “Saya jauh datang dari Ciputat, karena penasaran dengan tema Sastra Reboan: Tanggal Mainnya Rumah Tetangga ini,” cerita seorang pengunjung. Iya, begitulah tema Sastra Reboan edisi 28 Maret 2018: “Tanggal Mainnya Rumah Tetangga”. Tema ini diambil oleh Zaybidi Lawanglangit dari harmoni dua judul buku yang didiskusikan, yakni Tunggu Tanggal Mainnya karya Uki Bayu Sedjati dan Problematika Rumah Tangga karya Cikeu Bidadari.

Sebelum sesi diskusi buku berlangsung, acara Sastra Reboan diisi dengan penampilan musik seperti biasa. Kemudian Dyah Kencono membuka acara dan memanggil para penyair untuk baca puisi, seperti Diana Prima Resmana, Riza Hamdani, W Haryanto, Heryus Saputro, Salimi Ahmad, Doddy Odoy, dan lainnya. Pembacaan puisi berselang seling dengan musikalisasi puisi The Empang, serta Jodhi Yudono yang menghadirkan kenangan musik waktu kecil dan nyanyian puisi karya Chairil Anwar.

Ada yang baru dengan acara Sastra Reboan kali ini, yaitu adanya Dramatic Reading: Double Jobs dari komunitas Dapur Sastra Cisauk, serta Macapat Zaman Now oleh Abah Yoyok feat Cello Anang Hariono.

Sesi acara diskusi buku berlangsung seru, tampil sebagai pembicara, Handoko F Zainsam dari MataAksara, Abah Yoyok selaku kurator, Uki Bayu Sedjati dan Cikeu Bidadari sebagai penulis buku. Kesimpulannya adalah sebuah buku terbit naskahnya tidak selalu berasal dari manuskrip yang serius. Kadang buku terbit dari naskah yang tidak pernah diniatkan sebagai buku, seperti status facebook. Namun ketika sudah direncanakan untuk menjadi buku, di sanalah keseriusan harus hadir, khususnya dalam hal pengeditan. Kalau perlu, pakailah jasa kurator dan editor yang memang ahli dalam bidangnya.

“Malam ini, saya seperti sedang main ke rumah tetangga yang halamannya penuh rumput hijau,’ ucap seorang pengunjung itu lagi di gerbang Wapres saat acara Sastra Reboan berakhir. Tunggu tanggal main acara selanjutnya ya…

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.