News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Ragam Problema Manusia Muda karya Fajri Haikal Akbar, dkk

Ragam Problema Manusia Muda karya Fajri Haikal Akbar, dkk

Ragam Problema Manusia Muda
Fajri Haikal Akbar, dkk
Ragam Problema Manusia Muda karya Fajri Haikal Akbar, dkk

Editor: Achmad Abimubarok
Sampul & Atak: Fajri Haikal Akbar
Cetakan Pertama: Februari 2019

Diterbitkan pertama kali oleh:
Fakultas Psikologi Uhamka, Jakarta
&
TareBooks
(Taretan Sedaya International)
Jalan Jaya 25, Kenanga IV, Cengkareng, 
Jakarta Barat 11730
+62 811 1986 73
tarebooks@gmail.com
www.tarebooks.com

x + 170 hlm. – 14,8x21 cm
ISBN: 978-602-5819-19-3

Harga: Rp50.000,00
Order: +62 811 1986 73 (WA)

______
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT atas segala kemudahan yang telah diberikan kepada para penulis buku ini. Shalawat dan salam kami sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Pembaca yang budiman. Ketika seseorang menulis, sebenarnya ia sedang menuangkan semua pengetahuannya. Dari segala sesuatu yang pernah ia dengar, baca, dan bicarakan, dikomparasikan dengan pemikirannya terhadap sesuatu itu. Di sinilah letak kompleksnya keterampilan menulis. Bukan hanya menguraikan pengetahuan yang dimiliki tetapi menyikapi pengetahuan tersebut.

Para penulis buku ini telah tuntas menjalankan tugasnya untuk mencari pengetahuan yang ada di sekitar mereka. Pengetahuan itu mereka sikapi dengan dukungan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Dari sini mereka belajar bersikap terhadap sesuatu dan mencari dukungan atas sikap mereka.

Dalam kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu untuk mewujudkan cita-cita sederhana ini. Yang pertama tentu saja kepada para penulis yang telah mengerjakan tugas latihan menulisnya dengan baik. Meski ini hanya tugas mata kuliah bahasa Indonesia, mereka melakukannya dengan totalitas.

Ucapan terima kasih disampaikan pula kepada Kaprodi Psikologi, Fahrul Rozi, S.Pd., M.Si. yang telah memberikan kepercayaan kepada penyusun untuk mengajar mata kuliah bahasa Indonesia. Tentu saja pengalaman belajar satu semester yang singkat ini belum dapat memberikan hasil dalam waktu yang cepat dan dekat, namun bakal menjadi bekal yang berharga bagi para mahasiswa.

Selanjutnya, terima kasih disampaikan kepada Sofyan RH. Zaid dan penerbit yang telah membantu untuk menyelesaikan penerbitan buku ini. Buku ini akhirnya dapat dinikmati pembaca.

Akhirnya, selamat menikmati karya para penulis dalam buku ini. Tidak sempurna memang, tapi cukup membuat kita tertawa senang. 

Jakarta, Januari 2019
Penyusun
Achmad Abimubarok


______
DAFTAR ISI

Muthiah Kamilatul Ulya
Hentikan Bullying dengan Program Sekolah Anti-Bullying 1

Anita Nibras Divinia
Pernah Menjadi Korban Bullying? Jangan Menyerah dan Tetap Berprestasi 5

Jihan Aulia Thusyahra
Quotes Flascard untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri 11

Syifa Alifia Mufti
Say No To Pornography!: Hindari 3 Akibat dengan 1 Cara 15

Ahmad Farisi
Sering Tiba-Tiba Menangis Tanpa Alasan? Itu Bisa Jadi Gangguan Psikologi Loh! 19

Fatika Nurfadilah
Dampak Kecanduan Youtube bagi Perkembangan Emosional Anak 23

Fadzillahil Ilmy Maulid
Anak Kencanduan Gawai Itu Berbahaya Loh! 27


Laela Suci Nurhidayah
Pola Asuh yang Tepat agar Remaja Terbebas dari Pergaulan Bebas 33

Shofianita Nadia Eka Damayanti
Tetap Berprestasi walaupun Orangtua Bercerai 37

Anggi Muflihah
Butterfly Project: Project Unik bagi Penderita Self-Harm 41

Fajri Haikal Akbar
Pola Asuh Otoriter Tidak Cocok untuk Generasi Millenial 45

Dendy Kurniawan
Indahnya Membaca Al-Quran Bersama Keluarga 49

Rahma Nurhidayati
6 Cara Menghafal Al-Quran Dari Sisi Psikologis 55

Ivan Bagaskara
Brokenhome? Doing Great and Take Your Bright Future 57

Latifah Salshalia Kuswaya
Broken Home? Jangan Minder! 61
Aktsa Muhammad Firdaus
Motivasi Belajar pada Anak 65

Muhammad Adham Firdiaz
Cara Menghilangkan Kecanduan Games Online 67

Widya Salsabila Hamidah
Jika Anak Diasuh dengan Pola Asuh Protektif dan Permisif, Apa yang Terjadi? 71

Muhammad Panji
Faktor Peningkatan Kemampuan Komunikasi terhadap Anak Autisme 75

Raisa Jihan Nisa
Mari Mengenal Play Therapy Yuk Moms! 79

Fadhilah Nur Mukharomah
Membentuk Pribadi yang Baik pada ANak dengan Menjadikan Orangtua sebagai Role Model 83

Vonny Syan
Mengapa Anak Kurang Percaya Diri? 87

Ainurrofiq Pribadi
Al-Quran Sebagai Motivasi 91


Asyifa Nurkholisoh
Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Public Speaking 97

Oppy Auliandini Hadi
Penyebab Remaja Stress? Cek Penyebabnya! 101

Dheandra Izha Pitaloka
Jadikan Si Kecil Mudah Bergaul dengan Memahami Perkembangan Sosio-Emosional 107

Jasmina Allya
Pentingnya Berorganisasi untuk Meningkatkan Kualitas Karakter 115

Wulan Pratiwi Limansyah
Kenali dan Pahami Gaya Belajar Anak Anda! 117

Anggadiniarinta Widyastuti
Dekatkan Anak dengan Pola Asuh Otoritatif 121

Ayu Lestari
Kekerasan pada Anak Bisa Berakibat Negatif di Masa Depan Anak 123

Baayazid Bistami Awliya Zuhdi
Waspada Perubahan Karakter Anak Akibat Bullying 129


Bintang Yudha Tasik
Cara Menghilangkan Venustraphobia pada Seseorang 133

Fanky Yongma Pratama
Pengawasan Orangtua terhadap Anak 137

Muhammad Taqwim Darajotin
Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Anak 143

Muhammad Sukran
Yuk! Tanamkan Etika pada Anak 147

Rama Agung Wijaksono
Penanganan Penderita Epilespsi 151

Septian Arif Pratama
Pentingnya Beradaptasi bagi Remaja 155

Biografi Penulis 161


____
BIOGRAFI PENULIS

Muthi’ah Kamilatul Ulya, ia lahir di Bekasi pada 30 Maret 2000. Ia dilahirkan dari seorang ibu yang bernama Nurlaila dan memiliki seorang ayah bernama Muhammad Saleh. Ia adalah anak terakhir dari 4 bersaudara. Ia adalah seorang Mahasiswa jurusan Psikologi di salah satu Universitas swasta di Jakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Anita Nibras Divinia atau biasa dipanggil Anita oleh teman-temannya memiliki hobi membaca buku. Ia lahir di kota Jakarta pada tanngal 12 April 2000. Pertama kali masuk sekolah di tahun 2006-2012 di SDN Depok Baru 3 . Kemudian, melanjutkan ke SMP PGRI 1 Depok. Kemudian melanjutkan lagi di SMAIT Nururrahman. Sekarang, ia adalah seorang mahasiswa di Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA).

Jihan Aulia Thusyahra adalah gadis keturunan Arab dan suku Bugis, lahir di Kolaka Sulawesi Tenggara pada tanggal 3 Agustus 1999 dari pasangan Sofyan Alwi dan Husnida. Ia mulai bersekolah di SDN 1 Lamokato, setelah lulus ia melanjutkan pedidikan di MTsN Kolaka. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SMAN 1 Kolaka namun menginjak semester 2, ia pindah ke SMAN 10 kota Tangerang Selatan.

Syifa Alifia Mufti, lahir di Bogor, 18 Agustus 1998, ia adalah anak kedua dari dua bersaudara, buah dari pasangan Abdul Mukti dan Yenni Haerani. Syifa adalah panggilan akrabnya, pecinta kucing dan senang bermain. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan di universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA dengan fakultas Psikologi.

Ahmad Farisi adalah seorang anak laki-laki "barbar" yang mempunyai hobi bermain Basket. Ia lahir dikota metropolitan Jakarta pada tanggal 14 Mei 2000. Dalam organisasi ia pernah menjabat sebagai bagian olahraga, dan ketua basket pada saat masih di SMP. Setelah lulus SMA, ia berkuliah di Universitas Muhammadiyah Prof. dr. Hamka fakultas Psikologi semester 1.

Fatika Nurfadilah lahir di Depok, 6 Juli 1999. Ia dibesarkan dari lingkungan keluarga religius sehingga mengharuskannya menempuh pendidikan di MI Roudlatul Jannah Depok. Fatika menempuh pendidikan menengah di MTsN 2 Jakarta lalu melanjutkan di SMAN 97 Jakarta. Saat ini ia sedang menyelesaikan studi S1 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Fadzillahil Ilmy Maulid atau biasa dipanggil Hilmy,Lahir di Jakarta 10 Juli 1998. Anak pertama dari 4 bersaudara. Mempunyai hobi mendengarkan musik dan memainkan alat musik. Yang pernah bersekolah di SDN 8 Batu Ampar dan melanjutkan di SMP Muhammadiyah 4 Cawang. Dan melanjutkan lagi di SMA Islam PB SOEDIRMAN. Sekarang melanjutkan S1 PSIKOLOGI di Universitas Muhammadiyah prof.dr Hamka.

Laela Suci Nurhidayah atau yang akrab disapa Laela, lahir di Kebumen, 10 Mei 1999, anak pertama dari dua bersaudara. Seorang mahasiswa semester 1 di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Mempunyai hobi membaca novel dan buku yang berhubungan dengan alam, dan juga suka mendengarkan musik di waktu senggang.

Shofianita Nadia Eka Damayanthi, biasa disapa Nadia, seorang perempuan kelahiran 1999. Anak pertama dari dua bersaudara ini terlahir dari keluarga yang sederhana. Bercita-cita ingin menjadi psikolog dan saat ini sedang berstatus sebagai seorang mahasiswi jurusan psikologi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Nadia juga pecinta kucing dan hobi membaca.

Anggi Muflihah lahir di Tangerang, 15 Juli 1999. Anak pertama dari 2 bersaudara dan memiliki seorang adik perempuan yang berbeda 2,5 tahun. Lahir dari pasangan Muhammad Aleh dan Mulyanih. Ia suka membaca Novel misteri dan penulis novel misteri favoritnya adalah Agatha Christie. Selain membaca, ia juga suka menonton film dan memasak.

Fajri Haikal Akbar lahir di Bekasi, 3 April 2000. Ia dibesarkan dilingkungan religius dikarenakan ayah dan ibunya adalah seorang guru agama islam. Beliau menempuh pendidikan di SDN Tambun 08 dan lulus tahun 2012. Selanjutnya ia bersekolah di SMPN 2 Tambun Selatan dan lulus tahun 2015. Ia melanjutkan pendidikanya ke SMAN 1 Setu dan lulus tahun 2018. Dan saat ini ia sedang menempuh jenjang S1 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka.

Rahma Nurhidayati atau biasa dipanggil Rahma oleh teman-temannya memiliki hobi membaca buku. Ia lahir di kota Bekasi pada tanngal 26 April 2000 dari pasangan Ahmad Djunaedi dan Emma Hendrayani. Pertama kali masuk sekolah di tahun 2007-2012 di SDIT-Salsabila. Kemudian setelah lulus melanjutkan ke SMP Tashfia Boarding School. Dan kemudian melanjutkn lagi di SMAI Darussalam Cikunir.

Ivan Bagaskara, atau yang akrab dipanggil Ivan adalah salah satu lulusan dari SMA Negeri 16 Jakarta. Ia lahir di Tangerang pada tanggal 29 Mei 1998. Memiliki hobi bermain alat musik dan mendengarkan lagu, Ivan sangat menyukai salah satu band bergenre indie rock pop yang berasal dari kota Manchester, Inggris yaitu The 1975. Baginya mendengarkan lagu bukan hanya tentang melodi dan nada tetapi juga tentang memaknai lirik-lirik indah yang keluar dari sebuah lagu.

Latifah Salshalia Kuswaya atau yang biasa dipanggil dengan Aya, lahir di Bekasi pada 7 Mei 2000. Ia merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara dan memiliki hobi membaca novel. Saat ini sudah menjadi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka pada Program Studi Psikologi.

Aktsa Muhammad Firdaus adalah seorang anak laki-laki yang mempunyai hobi bermain Futsal. Ia kelahiran kota Kuningan Jawa Barat pada tanggal 22 juni 1999. Dalam organisasi ia pernah menjabat sebagai bagian keagamaan, dan ketua rohis pada saat masih di SMA. Setelah lulus SMA, ia berkuliah di Universitas Muhammadiyah Prof. dr. Hamka fakultas Psikologi semester 1. Karna ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang motivator handal.

Muhammad Adham Firdiaz lahir di Jakarta. 7 Januari 1999. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara.ia biasa Adham dipanggil oleh orang-orang di sekitrnya. ia sekarang seorang mahasiswa di universitas MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA semester 1, ia sekarang mengambil jurusan FPSI atau Psikologi. Ia memiliki moto hidup “Baca-Pelajari-Fahami-dan Amalkan.”

Widya Salsabila Hamidah, dia lahir di Jakarta 11 maret 2000 pendidikan terakhir di SMAN 86 Jakarta. Sedang melanjutkan kuliah di Universitas Prof.Dr. Hamka ( UHAMKA) jurusan Psikologi. Alasan dia ingin masuk jurusan psikologi karena yang pertama minat dari dia sendiri dan ingin mengetahui alasan seseorang dapat melakukan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang, berdasarkan keadaan psikologis yang mendorongnya.

Muhammad Panji lahir di Jakarta pada hari Selasa, 27 Juni 2000. Ia melewati pendidikan di SMAI Teratai Putih Global dan lulus di tahun 2018. Dan sekarang ia sedang melanjutkan tingkat pendidikannya dalam masa proses perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) memasuki prodi dan fakultas Psikologi untuk gelar sarjana S1nya (Psi).

Raisa Jihan Nisa. Di lingkungan keluarga, saya biasa dipanggil Ica. Sedangkan di lingkungan pergaulan luar, saya sering dipanggil dengan Raisa. Saya lahir di bandung, 31 Agustus 1999. saya adalah anak ke 2 dari 2 bersaudara. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. Jurusan Psikologi.

Fadhilah Nur Mukharomah, lahir pada 26 Maret 2001. Sejak kecil, ia selalu menempuh pendidikan di sekolah swasta. Ia menempuh pendidikan menengah pertama dan menegah keatas di sebuah pesantren di daerah Bekasi, yaitu Mts An Najah dan SMAIT Bunyan Indonesia. Dan sekarang, ia sedang melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Pir. Dr. Hamka dan mengambil jurusan Psikologi.

Vonny Syan Putri Tritama atau yang lebih akrab dipanggil vonny oleh teman-temanku, memiliki hobi memasak. Aku lahir di kota Bekasi pada tanngal 12 februari 2000 dari Keluarga kecil yang hangat. Pertama kali masuk sekolah di tahun 2007-2012 di SDIT- Yapidh. Kemudian saat aku tetap di SMP Yapidh Boarding School. Dan kemudian melanjutkan ke SMAN 16 Kota Bekasi.

Ainnurrofiq Pribadi atau biasa dipanggil Opik oleh teman-temannya memiliki hobi berolahraga sepeda . Ia lahir di kota Jakarta pada tanggal 07 desember tahun 1999 dari pasangan Margono dan Siti Muawanah. Pertama kali masuk sekolah di tahun 2007-2012 di MI Assaadatudarain 1. Kemudian setelah lulus melanjutkan ke SMP Pelita bangsa. Dan kemudian melanjutkn lagi di SMA Ngeri 6 Tangerang Selatan.

Assyifa Nurkholisoh, akrab dipanggil Asip. Lahir di Tangerang, 14 Mei 2000, berzodiak Taurus dan pecinta makanan pedas. Saat ini saya tengah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Dari sekian banyaknya hobi saya salah satunya adalah membaca dan mengedit foto. Hobi ini sudah saya geluti sejak MTS.

Oppy Auliandini Hadi yang biasa dipanggil oppy. Lahir di Jakarta 20 Juni tahun 2000. Anak ketiga dari 2 bersaudara. Mempunyai hobi bernyanyi. Yang bersekolah di Sdn Klender 03 Pagi dan melanjutkan lagi di Smpn 25 Jakarta dan SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Yang saat Sma aktif dalam eskul paskibra dan menjabat di organisasi tersebut menjadi diklat. Sekarang sedang melanjutkan S1 Psikologi di Universitas Muhammadiyah prof.dr Hamka.

Dheandra Izha Pitaloka, atau yang biasa dipanggil Deandra adalah mahasiswi jurusan Psikologi dari Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka. Perempuan berdarah Jogja-Padang ini lahir di kota Bandar Lampung, pada tanggal 02 Juli tahun 1999. Saat ini ia tinggal di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang bersama orang tua dan satu adik laki-lakinya.

Jasmina Allya atau biasa dipanggil Jasmin oleh orang-orang disekitarnya. Ia lahir di kota Jakarta pada tanggal 16 Oktober 1999 dari pasangan Wanda dan Reina. Jasmin memiliki seorang kakak perempuan bernama Tara. Ia saat ini berkuliah di perguruan tinggi swasta di Jakarta tepatnya di kampus UHAMKA mengambil jurusan Psikologi program S1.

Wulan Pratiwi Limansyah biasa dipanggil Wulan. Lahir di Jakarta tanggal 20 November 1999. Salah satu mahasiswi Fakultas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Hobinya membaca, menonton drama dan menulis. Bukan tipikal orang yang banyak berbicara tetapi dapat menjadi pendengar yang baik. Impian terbesarnya adalah menjadi seorang traveller dunia.

Anggadiniarinta Widyastuti lahir di Jakarta, 19 Agustus 2000. Anak terakhir dari 2 bersaudara. Sedang menjalakan studi di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka masuk pada tahun 2018, mengambil jurusan Psikologi.

Ayu Lestari lahir di Bogor, 21 Agustus 2000. Saat ini ia bertempat tinggal di Depok. ia seorang Mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA dengan prodi Psikologi. Pada tahun 2017 ia pernah menjabat sebagai Ketua Ekstrakulikuler Tari Tradisional dan Saman di SMAN 1 PARUNG. Tujuan saat ini mengambil Prodi Psikologi adalah menaruh harapan untuk kedepan dalam mengelola sumber daya manusia yang baik.

Baayazid Bistami Awliya Zuhdi lahir di Jakarta, 6 Oktober 2000. Ia lulusan dari SMK keluarga Widuri Jakarta tahun 2018. Saat ini ia sedang menempuh perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) fakultas Psikologi. Tujuan ia masuk jurusan ini untuk mengenali potensi yang dimilikinya agar menjadi lebih baik.

Bintang Yudha Tasik lahir di Jakarta, 30 September 1999. Ia adalah lulusan dari SMKN 26 Jakarta tahun 2018. Saat ini ia sedang menempuh perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) fakultas Psikologi. Baginya, mempelajari psikologi manusia itu penting karena membantu menemukan potensi individu, dan menemukan jati dirinya.


Fanky Yongma Pratama biasa dipanggil Fanky oleh teman-temannya memiliki hobi berenang. Ia lahir di kota Klaten pada tanggal 20 Januari 2001 dari pasangan bapak Novi Yanto dan ibu Dessy Endiarti. Pertama kali masuk sekolah dasar pada tahun 2006 di SDN Cireundeu 1. Kemudian setelah lulus melanjutkan di SMPN 2 tangsel. Kemudian melanjutkan di SMAN 4 tangsel.

Muhammad Sukron Lahir di Bengkulu, 04 April 1999, Saya menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN Dawuan Tengah VI dan lulus tahun 2011. Ia melanjutkan pendidikan saya ke MTS AL-FATAH dan lulus tahun 2014. Beliaupun meneruskan pendidikan ke SMAN 2 Cikampek. Sekarang ia sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Septian Arif Pratama biasa di panggil Arif. Sekarang saya berkuliah di jurusan psikologi. Saya pernah bekerja di rumah makan selama 4 bulan. Dan selesai dari sana saya mencoba melamar pekerjaan di percetakan. Saya bekerja disana selama 3 bulan. Dan pada akhirnya saya meniatkan untuk belajar kembali meneruskan sekolah yaitu dengan cara kuliah. Saya berkuliah mengambil jurusan psikologi. Karena ingin tahu pembahasan pelajaran psikologi. Dan pada akhirnya saya memilih fakultas psikologi.

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.