News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Quotes Flascard untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Quotes Flascard untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

oleh Jihan Aulia Thusyahra


Quotes Flascard untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

KAWACA.COM |  Mencintai atau dicintai oleh orang lain adalah suatu hal yang sangat membahagiakan. Tapi, apakah kamu sadar bahwa kita perlu mencintai diri sendiri terlebih dahulu? Bagaimana bisa kamu memberi cinta pada orang lain jika kamu tidak cinta pada dirimu sendiri? Mencintai diri sendiri itu penting karena dengan hal itu kamu bisa menerima orang lain.

Jika kamu ingin diperlakukan baik, maka kamu juga perlu memperlakukan dirimu dengan baik. Walaupun banyak yang mengira mencintai diri sendiri sama dengan narsis, namun kedua hal tersebut berbeda. Mencintai diri sendiri sama artinya kamu menerima diri sendiri, menerima segala kelebihan dan juga kekurangan yang kamu miliki sehingga kamu bisa lebih percaya diri. (Lestari, 2017)

Rasa percaya diri dapat membuat hidupmu lebih nyaman di mana pun kamu berada dan dapat membantu kamu dalam urusan dalam pekerjaan maupun dalam pertemanan apalagi bagi remaja. Kadang rasa percaya diri dapat menurun akibat banyaknya komentar-komentar buruk. Tapi tenang saja, ada banyak cara untuk mengabaikan komentar-komentar itu. Salah satunya adalah membuat Quotes Flashcard

Flashcard adalah kartu yang berisi kata-kata yang bisa dilengkapi dengan gambar. Nah, kamu bisa membuatnya menjadi berbeda yaitu isinya berupa kutipan-kutipan yang bersifat membangun atau disebut dengan Quotes Flashcard. Manfaatnya sangat baik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan juga kreativitas kamu. Berikut adalah cara pembuatannya.

1. Kumpulkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
Ø Pulpen / spidol warna
Ø Pensil
Ø Penghapus
Ø Boks karton
Ø Kertas karton berwarna
Ø Buku teks untuk membuat catatan

2. Carilah Kutipan-Kutipan yang Kamu Sukai

Kamu bisa mencari kutipan-kutipan dari internet atau kamu juga bisa membuat kutipan sendiri. Jika kamu gemar membuat kutipan, kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu di sebuah buku catatatan kecil.

3. Buatlah Kartu yang Sesuai dengan Kreasimu Sendiri

Guntinglah boks karton yang sudah kamu siapkan dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Jika ingin lebih berwarna, kamu bisa menutupi boks karton tersebut dengan kertas karton berwarna pada kedua sisinya. Pada umumnya, flashcard berbentuk persegi panjang dan berwarna putih.

4. Tulislah Kembali Kutipan Tersebut pada Kartu

Setelah membuat kartunya, tulislah kembali kutipan yang sudah kamu siapkan salah satu sisinya. Nah, kamu bisa menulisnya menggunakan pensil terlebih dahulu jika ingin tulisanmu terlihat rapih. Kemudian, ditimpali dengan pulpen dengan tinta tipis agar tidak menembus ke bagian belakang kartu. Tulislah serapih mungkin.

5. Berilah Kata Kunci Pada Sisi Belakang Kartu

Nah, di sisi belakang ini, kamu bisa menuliskan kata kunci yang unik. Baik itu berupa gambar, tulisan, maupun angka atau simbol. Jika berupa angka atau simbol, kamu bisa menuliskan satu angka atau simbol menggunakan spidol warna agar lebih menonjol. Pastikan tinta spidol tersebut tidak menembus bagian belakang kartu.

Dan pembuatan Quotes Flashcard pun selesai. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengambil satu kartu setiap pagi secara acak dan bacalah kutipan di belakangnya. Sangat menarik kan?. Nah, lebih baik kamu meningkatkan kreativitas kamu daripada mendengar komentar-komentar buruk dari orang lain. Selamat mencoba.

DAFTAR PUSTAKA
Halodoc. (2018). Kenapa Harus Mencintai Diri Sendiri? https://www.halodoc.com/kenapa-harus-mencintai-diri-sendiri-. 9 Desember 2018
Lestari, A.P. (2017). 5 Alasan Mengapa Mencintai Diri Sendiri itu Perlu. https://www.vemale.com/lentera/108773-5-alasan-mengapa-mencintai-diri-sendiri-itu-perlu.html. 9 Desember 2018
Kho, A. & Lee, G. (2013). Secrets of Successful Teens. Elex Media Komputindo

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.