News Kawaca TV
Tonton
wb_sunny

Breaking News

Rida K Liamsi Bosan Bikin Perusahaan, Bikin Buku

Rida K Liamsi Bosan Bikin Perusahaan, Bikin Buku


#KAWACA.COM - Acara diskusi sesi pertama Peluncuran dan Diskusi Buku Secangkir Kopi Sekanak karya Rida K Liamsi yang menampilkan Ahmadun Y Herfanda, Hasan Aspahani, dan moderator Sofyan RH. Zaid. Dalam diskusi tersebut , seorang penyair dari Bekasi Denis Hilmawati bertanya: “Bagaimana proses kreatif Pak Rida dan latar belakang lahirnya buku ini?”

Rida K Liamsi yang duduk bersama Sutardji Calzoum Bachri maju ke depan dan menjawab pertanyaan tersebut:

“'Sebagai pengusaha, saya selalu berjanji pada diri sendiri, tiap ultah saya akan buat satu perusahaan, khususnya media massa. Jadi, tiap tahun, selalu ada koran terbit di daerah. Nah, tahun ini bukan koran, tapi buku saya bikin.” Mendengar pernyataan tersebut, ruangan riuh tepuk tangan.

Rida K Liamsi yang bernama asli Ismail Kadir memang merupakan pengusaha, khususnya di bidang media. Bos Riau Pos Grup ini sangat produktif membuat buku, mulai dari puisi dan prosa. Rida juga dikenal sebagai maesenas dalam sastra Indonesia, misalnya melalui Yayasan Hari Puisi yang rutin menggelar acara tiap tahun, seperti sayembara buku puisi.

Hampir semua pembahas bukunya kali ini sepakat, kalau Rida merupakan seorang penyair yang konsen mengangkat tema sejarah Melayu dalam banyak karya puisinya. Ahmadun secara terbuka menyebut: “Puisi Rida seperti gadis Melayu yang tidak lagi memakai pakaian Melayu, melainkan baju modern.”

Lain lagi Hasan, mengistilahkan, kalau buku puisi Rida ini semacam ruangan berdinding kaca, di mana pembaca bisa melihat bagaimana Rida di dalamnya.

Di akhir acara diskusi sesi pertama, Sofyan mengajak semua penonton untuk meniru Rida: “BIla bosan buat perusahaan, mari buat buku, bosan buat buku, yuk buat perusahaan.” Ruangan kembali riuh dengan tawa dan tepuk tangan. (IK)

Baca Juga:

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.