Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Lily Siti Multatuliana

Lily Siti Multatuliana



Lily Siti Multatuliana, penulis, penyair, penerjemah dan dosen. Orang tua berasal dari Minangkabau, Pariaman. Lily lahir pada 19 November 1958 di Bogor Jawa Barat. Lily pernah menetap di Wollongong NSW Australia selama dua tahun (1997-1999) dan di Melaka Malaysia selama 12 tahun (2005-2017). Sejak tahun 2017 menetap di Jakarta Indonesia.

Lily meraih gelar Sarjana Pendidikan Bidang Studi Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Jakarta/UNJ, (1982). Menyelesaikan Magister Sastra Bidang Studi “Translation Studies” dari Fakultas Sastra Universitas Gunadarma Jakarta (2008). Lily Pernah mengikuti “Intensive Course and Cultural Studies di TAFE Illawara dan University of Wolongong Australia (1997-1998).

Lily Bekerja sebagai dosen bahasa Inggris di Universitas Swasta, STMIK Jakarta STI&K di Jakarta dan sebagai penerjemah resmi The Belgian publishing house Point Editions (POetry INTernational) yang berkedudukan di Spanyol.

Lily menulis puisi dan esai. Puisi dimuat di media cetak terbit di Malaysia dan dimuat di antologi bersama Penyair Nusantara (dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei dan Thailand Selatan). Puisi dalam bahasa Inggris dimuat di antologi bersama Penyair International yang diterbitkan di Malaysia, Bangladesh, Egypt dan Shanghai. Esai Lily pernah dimuat di media cetak terbit di Padang dan Jakarta dan dimuat di antologi bersama penyair Indonesia. Esainya sudah di presentasikan di Jakarta Indonesia, Kuala Lumpur&Kota Bharu Malaysia dan Dhaka Bangladesh pada acara seminar sastra.

Puisi Lily sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris, Rusia, Italia, Jepang dan China dimuat di antologi bersama Penyair Asean dan International.

Lily pernah membaca puisi/berdeklamasi di beberapa kota Indonesia, di beberapa kota di Malaysia, di Brunei, Singapura, Dhaka Bangladesh, dan Sydney Australia.

Saat tinggal di Melaka, Malaysia menjadi anggota luar biasa (ahli bersekutu, istilah di Malaysia) Persatuan Sastrawan Numera Malaysia (NUMERA) dan Persatuan Penulis Melaka Malaysia (PENAMA) dan aktif mengikuti acara sastra yang diselenggarakan di Malaysia. Saat ini Lily menjadi anggauta Perkumpulan Rumah Seni Asnur (PERRUAS) di Indonesia dan anggota Pengurus Yayasan Hari Puisi sebagai wakil ketua Divisi Hubungan International.

Lily pernah menerima anugrah Tokoh Srikandi NUMERA 2019 dari NUMERA Malaysia dan PERRUAS Award 2021 sebagai anggauta berdedikasi, dari PERRUAS Indonesia. Buku karyanya, kumpulan esai dan kajian sastra dengan judul Sastra Melayu & Sastra Indonesia: Antara Mata dan Kalbu (penerbit KKK 2018) dan Kumpulan Puisi Jelajah Kembara (penerbit PERRUAS 2022).

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.