Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Sofyan RH. Zaid Raih Juara 2 Lomba Cipta Karya Esai Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2023

Sofyan RH. Zaid Raih Juara 2 Lomba Cipta Karya Esai Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2023

Sofyan RH. Zaid Raih Juara 2 Lomba Cipta Karya Esai Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2023




“Saya suka menulis esai, kalau kata Arief Budiman, seorang esais adalah orang yang terpikat; jatuh cinta pada suatu persoalan, dan esai adalah tulisan yang sangat pribadi. Saya rasa itu benar! Saya menulis esai tentang suatu persoalan sepenuh cinta, dan bahagia saat menyelesaikannya,” ujar Sofyan RH. Zaid yang meraih Juara 2 Lomba Cipta Karya Esai Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2023.

“Walau tak begitu produktif, saya kerap menulis esai, tetapi ini pertama kalinya saya ikut lomba cipta esai,” akunya. “Saya terus terang tertarik pada temanya, Sastra Indonesia Masa Kini dengan subtema yang variatif, salah satunya Masa Depan Sastra Indonesia,” lebih lanjut. Kemudian, siapa penyelenggara dan dewan jurinya menjadi pertimbangan selanjutnya bagi Sofyan.

“Saat saya memutuskan untuk ikut lomba ini, saya melakukan riset untuk menemukan topik. Saya awalnya ingin mengangkat statistik penjualan buku puisi di marketplace Shopee. Namun ternyata justru menemukan topik lain di Shopee yang jauh lebih menarik,” paparnya. Judul esai Sofyan yang keluar sebagai pemenang adalah "Meraba Masa Depan Perpuisian Indonesia Melalui Marketplace". 

Dia mengaku nyaris batal ikut lomba esai ini, karena dia tidak cermat membaca syarat dan ketentuan lomba. Pada detik-detik dia akan submit esai yang sudah kelar ditulisnya itu, dia membaca ulang infonya untuk menemukan link-upload, ternyata jumlah kata esai juga dibatasi, yakni minimal 1.000 kata dan maksimal 1.500 kata. Sementara itu, esai yang dia tulis mencapai 2.000 kata lebih. Beruntungnya, deadline lomba pun diperpanjang, sehingga dia punya waktu untuk merevisinya.

“Rupanya, mengurangi jumlah kata dalam esai itu tak kalah sulit dari menulis esainya itu sendiri. Haha,” kata Sofyan.

Saat 10 Finalis Lomba Cipta Karya Esai Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2023 diumumkan, Sofyan mengaku bahagia dan bersyukur. Baginya mengikuti suatu sayembara menulis, terkadang tak selalu soal menang atau kalah. Namun, lebih pada momentum atau motivasi untuk berkarya. Artinya, apapun hasilnya, kita telah menghasilkan satu karya.

Akhirnya, pada Malam Anugerah Sastra PDS. HB. Jassin 2023, yang digelar di Gedung Teater Besar, Taman Ismail Marzuki Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023, pemenang lomba cipta esai pun diumumkan dan Sofyan keluar sebagai juara 2. Sementara, untuk juara 1 diraih oleh Anton Kurnia, juara 3 oleh Zen Hai, dan juara harapan diberikan kepada Tatan Daniel dan Sarita Rahel Diang Kameluh.

(@Arya Helmi)

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.